7 Tips Memilih Marketplace Perusahaan B2B yang Tepat untuk Menjalankan Bisnis

RadarKotaNews, Jakarta - Bisnis yang selama ini dijalankan biasanya terdiri dari dua jenis. Pertama adalah bisnis yang dijalankan antara apabila usaha dengan end user atau konsumen secara langsung. Kedua adalah bisnis yang dilakukan antara dua usaha atau lebih.

Biasanya perusahaan B2B akan menjual produk-produk ataupun bahan baku dalam skala yang cukup besar. Nantinya, perusahaan lain akan membelinya untuk keperluan mereka sehingga kedua belah pihak akan saling menguntungkan.

Sayangnya untuk mendapatkan kerja sama antara kedua belah pihak tidak bisa dilakukan dengan mudah. Namun, dengan adanya platform seperti Blibli for Business, kedua pemilik usaha maupun bisnis bisa bertemu dengan mudah.

Cek Persyaratan Bergabung

Salah satu persyaratan agar bisa bekerja sama dengan banyak sekali perusahaan atau pemilik usaha adalah bergabung dengan platform. Biasanya setiap platform yang menyatukan berbagai jenis bisnis akan memiliki persyaratan pendaftaran yang harus terpenuhi.

Biasanya persyaratan untuk pendaftaran itu cukup bervariasi. Ada yang meminta persyaratan cukup rumit dan ada juga yang cukup sederhana sehingga lebih mudah untuk melakukan pendaftaran bahkan ketika dari HP.

Jadi, pastikan untuk memahami terlebih dahulu Apa saja persyaratan jika ingin bergabung. Siapkan semuanya agar lebih mudah ketika akan melakukan berbagai jenis transaksi di kemudian hari.

Lihat Metode Pembayaran

Selanjutnya pahami bagaimana pembayaran yang nantinya akan diterapkan. Karena pembayaran untuk sistem bisnis ke bisnis ini tentu bisa saja berbeda jika dibandingkan antara penjual dan pembeli secara langsung.

Apabila barang yang nantinya dibeli jumlahnya ada banyak bisa saja sistem pembayarannya tidak akan secara langsung. Ada sistem pembayaran dengan sistem tempo atau sistem pembayaran lainnya Sesuai dengan kesepakatan.

Cari tahu terlebih dahulu bagaimana sistem pembayaran yang mungkin tidak akan membebani perusahaan. Apabila tersedia sistem pembayaran itu, berarti transaksi apapun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Perhatikan Perusahaan Apa Saja yang Ada di Sana

Selanjutnya adalah mencari tahu kira-kira perusahaan apa saja yang sudah ada di sana. Ini sangat penting untuk dilakukan karena Anda juga harus mengetahui kira-kira perusahaan yang ada berkualitas atau tidak.

Apabila perusahaan itu berkualitas maka tidak perlu khawatir lagi. Berarti produk-produk yang nantinya akan ditawarkan juga akan memiliki kualitas yang sangat tinggi. Sebaliknya jika perusahaannya biasa saja lebih baik untuk dihindari.

Jadi pastikan terlebih dahulu sudah mengetahui akan membeli produk apa. Lalu cari tahu kira-kira produk yang dibutuhkan itu banyak diproduksi oleh perusahaan seperti apa. Apabila sudah mendapatkannya maka akan lebih mudah untuk melakukan pencarian.

Lihat Jenis dan Kualitas Produk

Selanjutnya harus mengetahui kira-kira jenis produk apa saja yang akan dijual di sana. Biasanya platform marketplace yang mempertemukan pemilik bisnis dengan pemilik bisnis yang lain menawarkan produk yang bervariasi.

Tersedia berbagai jenis kategori yang semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik. Dari sana bisa diketahui kira-kira produk mana saja yang mungkin bisa dibeli dalam jumlah yang cukup banyak atau sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya ketahui apakah produk tersebut memang memiliki kualitas yang tinggi atau tidak. Biasanya sudah akan ada ulasan dari beberapa orang yang pernah menggunakan produk tersebut secara langsung.

Pahami Prosedur Pengembalian Produk

Membeli barang dalam jumlah banyak pemikiran besar juga masih memiliki risiko produknya rusak atau tidak sesuai. Pasti ada beberapa persen produk yang tidak sesuai dengan harapan sehingga harus dilakukan proses pengembalian.

Karena membeli dalam jumlah banyak pastikan terlebih dahulu memahami bagaimana sistem pengembalian barang yang tidak sesuai. Dengan memahami hal tersebut anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan produk-produk yang terjaga kualitasnya.

Sebelum melakukan transaksi ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih paham sehingga bisa memaksimalkan seluruh fungsi dari platform.

Memilih Layanan Travel for Business

Selanjutnya adalah memilih jenis layanan yang mungkin sedikit berbeda dari yang lain. Biasanya layanan yang diberikan adalah jual beli barang. Namun, juga ada layanan lainnya khususnya yang berhubungan dengan layanan business trip.

Biasanya ada beberapa perusahaan yang sering melakukan perjalanan ke luar kota. Dengan menggunakan layanan ini berbagai transaksi yang dilakukan bisa menjadi lebih mudah dan juga lebih murah.

Apalagi bisa sering berlangganan sehingga perjalanan bisa dilayani dengan lebih mudah. Platform seperti Blibli juga menyediakan layanan ini sehingga perjalanan bisnis bisa menjadi lebih tertata dengan.

Pahami Keamanan Transaksi

Pastikan terlebih dahulu untuk memahami keamanan transaksi yang nantinya akan dilakukan. Apalagi transaksi yang nantinya dilakukan biasanya dalam jumlah besar bahkan bisa mencapai nilai miliaran rupiah.

Dengan memahami bagaimana keamanan transaksi yang dilakukan, Anda bisa lebih mudah dalam memilih produk. Selain itu, juga tidak khawatir jika terjadi masalah pada pembayaran di kemudian hari.

Menggunakan marketplace yang isinya perusahaan B2B benar-benar akan sangat membantu. Karena marketplace tersebut akan mempertemukan banyak peluang usaha baru sehingga tidak perlu mencari sendiri dan mengalami kesulitan.

Dengan memanfaatkan tips di atas, diharapkan bisa segera mendapatkan kerjasama yang cukup menguntungkan. Karena kerjasama itu bisa dimanfaatkan untuk banyak hal termasuk untuk mengembangkan bisnis dan juga menjual produk dalam skala besar.***

Penulis:

Baca Juga