Beranda Nasional Wapres Bukan Atasan Menteri

Wapres Bukan Atasan Menteri

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Pengamat hukum tata negara Refly Harun menyebut, wakil presiden adalah pembantu presiden, tetapi pembantu utama. Sebab, Wapres dipilih dalam satu paket bersama Presiden.

“Seorang wakil presiden dengan sendirinya menjadi atasan pula bagi seorang menteri,” kata Refly, pagi tadi Kamis (20/08/2015).

Menanggapi pernyataan Prof Refly yang menyebut Wakil Presiden adalah atasan para menteri, Wakil ketua komisi III DPR RI Benny Kabur Harman tidak sependapat.

Menurut Benny, dalam sistem ketata negaraan di Indonesia, kedudukan wakil presiden dan menteri sama. Sama-sama pembantu presiden. Tidak bisa, kata dia, wapres dianggap atasan menteri.

Benny mengatakan, Wapres adalah pembantu presiden yang pasif. Sedangkan menteri adalah pembantu presiden yang aktif.

“Dia (Wapres Jusuf Kalla) hanya ban serep. Wapres JK jangan melanggar,” kata Benny di Gedung DPR usai paripurna, Kamis (20/08/2015).

Politikus Partai Demokrat itu meminta agar Wapres JK tidak melampaui kewenangan Presiden. Wapres, kata Benny, tidak punya hak untuk menegur Menteri. “Kalau mau negur (Menteri) ya lapor ke presiden.”

Masih kata Benny, “Wakil dan menteri sama kedudukannya dihadapan presiden. Itu UUD. Dalam sistem presidensial kita, pengambilan keputusan ditangan presiden, bukan wapres, bukan menteri.” (Ip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here