Beranda Nasional Untuk Melawan Ekonomi Politik Kapitalisme, KSN Gelar Aksi Pra Mey Day

Untuk Melawan Ekonomi Politik Kapitalisme, KSN Gelar Aksi Pra Mey Day

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Dalam rangka menyambut hari buruh sedunia pada 1 Mei 2017, Konfederasi Serikat Nasional (KSN) menggelar aksi nasional Pra May Day, di depan kantor BUMN, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/04).

Presiden Konfederasi Serikat Nasionak (KSN), Koswara mengatakan aksi ini sebagai persiapan hari buruh Internasional. Pada Aksi Nasional KSN mengajak seluruh rakyat pekerja melawan ekonomi politik kapitalisme yang selama ini menindas rakyat.

“Semakin hari, situasi hidup dapat kita rasakan terus memburuk. Tahun 2015 misalnya, Negara Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2015 tentang pengupahan.”ujar Koswara dalam aksinya.

Hal itu jelas ditujukan untuk melayani kepentingan kaum kapitalis. Dengan menutup ruang partisipasi bagi rakyat pekerja untuk terlibat dalam penentuan upah melalui penetapan formula upah, PP Pengupahan tengah memperkokoh rezim politik upah murah. Hal ini berarti memberikan jalan lapang bagi kapitalis untuk mengakumulasi keuntungan dari hasil keringat buruh.

Selain itu, dalam aksi nasional Pra May Day kali ini KSN juga menyuarakan jaminan perlindungan sosial menyeluruh bagi rakyat pekerja. Sebab kata dia, Negara wajib memberikan perlindungan sosial yang menyeluruh bagi rakyat.

“Selama ini negara belum memberikan perlindungan sosial yang menyeluruh bagi rakyat, Negara melepas tanggung jawabnya dalam memberikan perlindungan sosial bagi rakyatnya.”tutur Koswara.

Sambung dia, Alih-alih menjadi kewajiban yang dipenuhi oleh negara, sebab kata dia, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai program layanan kesehatan justru dibebankan kepada rakyat pekerja itu sendiri melalui skema iuran.(WaWaN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here