Beranda Internasional Uji Coba Mesin Rudal Untuk Angkatan Laut Rusia Meledak

Uji Coba Mesin Rudal Untuk Angkatan Laut Rusia Meledak

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Sebuah mesin roket meledak dalam uji coba rudal di utara Rusia, Kamis, 8 Agustus 2019. Menyebabkan dua orang tewas dan tingkat radiasi di wilayah itu meningkat,

Insiden itu memicu otoritas Rusia untuk menutup sebagian dari White Sea dari kapal sipil selama 30 hari mendatang, seperti dilansir The Guardian, Jumat (9/8/2019).

Laporan kenaikan tingkat radiasi di dekat Kota Severodvinsk usai insiden itu bertentangan dengan pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia yang menyatakan bahwa tingkat radiasi di wilayah itu tetap stabil.

Meski demikian, pejabat setempat mengatakan bahwa tingkat radiasi di wilayah terdampak melonjak naik dalam kurun waktu satu jam.

Ledakan tersebut terjadi di area penelitian militer di wilayah Arkhangelsk, di mana para ilmuan meneliti bahan bakar jet, demikian pernyataan Kementerian. Mereka yang terluka dalam peristiwa itu termasuk spesialis militer dan insinyur sipil untuk pengembangan mesin roket.

Sejumlah media di Rusia melaporkan bahwa ledakan terjadi di atas kapal, namun pihak militer menyebutkan ledakan terjadi di daratan.

Rusia selama ini mempertahankan kerahasiaan di sekitar instalasi militernya di wilayah itu, termasuk kapal selam nuklir. Severodvinsk menjadi rumah produksi utama Rusia dalam membangun dan memperbaiki kapal selam nuklir.

Wakil Kepala Pelabuhan Arkhangelsk mengatakan kepada kantor berita Interfax Rusia bahwa telah menutup wilayah terdampak ledakan selama satu bulan mendatang. Penutupan itu dinilai sebagai adanya kontaminasi di wilayah itu atau militer Rusia akan melakukan misi usai insiden ledakan terjadi.

Associated Press mengutip pejabat layanan darurat bahwa penduduk kota tidak pernah berada dalam bahaya meskipun peringatan untuk tetap berada di dalam rumah telah diumumkan.

Sementara itu, sumber terpecaya mengatakan kepada harian Vedemosti bahwa ledakan terjadi selama uji coba mesin yang digunakan untuk sebuah rudal yang digunakan oleh Angkatan Laut Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here