UAS Klarifikasi Terkait Video Viral nya di Medsos

Foto: Ustadz Abdul Somad Saat Konferensi Pers di MUI

RadarKotaNews – Ustadz Abdul Somad (UAS) menyampaikan point penting terkait kunjungannya ke MUI dan memberi klarifikasinya terkait video viral nya di media sosial.

Menurut UAS, tujuannya datang ke MUI untuk melakukan silahturahmi dengan MUI Pusat. Sebab UAS juga merupakan Komisi Fatwa MUI Riau.

“Ceramah saya yang di viral kan itu adalah menjawab pertanyaan, bukan tema kajian, bukan inti permasalahan, karena saya punya kajian di Masjid An-Nur, Pekanbaru, Riau,” kata UAS saat Konfrensi pers di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/19).

Di Masjid tersebut, UAS katakan, setiap subuh dirinya kerap menyampaikan materi selama satu jam dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Diakui saat itu ada masyarakat yang bertanya dan UAS menjawab.

“Di video itu adalah menjawab pertanyaan. Kedua itu disampaikan di tengah komunitas masyarakat Muslim, di dalam masjid, di tempat tertutup, di tengah umat Islam,” kata UAS.

UAS menjelaskan bahwa, pernyataan tidak disampaikan dalam dalam Program Damai Indonesia TV One, bukan tabligh akbar di stadion sepakbola, dan bukan disampaikan saat dihadiri ribuan orang, tetapi saat pengajian.

“Saya sedang menjelaskan akidah keyakinan seorang Muslim, bagaimana yang diajarkan di dalam Islam. Saya tidak sedang dalam kapasitas perbandingan agama atau berdebat atau berdialog, tetapi menjelaskan kepada Umat Islam,” terangnya.

UAS menambahkan, bahwa video tersebut terjadi kurang lebih pada tiga tahun lalu. Namun sekarang ia, sudah tidak lagi memberikan kajian rutin subuh.