Tolak PP 78/2015, Ribuan Buruh Lakukan Long March

Radarkotanews.com – Besok, Senin (16/11/2015), Komite Aksi Upah Gerakan Buruh Indonesia (KAU-GBI) akan melakukan pelepasan Long March jalan kaki Bandung-Jakarta yang akan dilakukan oleh ribuan buruh serta Konsolidasi Nasional jelang Mogok Nasional di monumen perjuangan Bandung, Jawa Barat.

Salah satu Presidium KAU-GBI, Said Iqbal mengatakan, Konsolidasi nasional ini dilakukan jelang mogok nasional yang akan dilakukan pada 24-27 November. Selain itu, ribuan buruh peserta long march jalan kaki Bandung-Jakarta ini dilakukan sebagai bentuk penolakan atas diterbitkannya  PP 78/2015 tentang pengupahan.

“Kami juga menolak formula kenaikan upah minimum yang hanya berdasarkan Inflasi+PDB, kami juga menuntut untuk dinaikannya upah minimum 2016 berkisar Rp 500 ribuan,” tegas Said Iqbal dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (15/11/2015).

Diungkapkannya, di sepanjang rute yang akan dilalui oleh buruh peserta long march akan dilakukan penggalangan tanda tangan petisi satu juta buruh dan rakyat melawan upah murah untuk kemudian diberikan ke presiden jokowi.

“KAU-GBI juga mengundang kawan-kawan wartawan untuk meliput konferensi pers acara ini pada 16 November pukul 11.00 Wib di monumen perjuangan Bandung.” Tandas Said Iqbal yang juga Presiden KSPI ini.