Beranda Hukum TNI – Polri Bersinegri Dalam Rangka Pengamanan Natal Tahun Baru Pileg dan...

TNI – Polri Bersinegri Dalam Rangka Pengamanan Natal Tahun Baru Pileg dan Pilpres

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, memimpin Apel Kesiapan TNI dalam membantu tugas Polri dalam rangka pengamanan Natal, Tahun Baru, Pileg dan Pilpres tahun 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

“Tujuannya adalah bagi TNI mengecek kesiapan di akhir tahun dalam rangka dukungan kepada kepolisian republik Indonesia yang sebentar lagi kita akan mengamankan natal dan tahun baru yang bertajuk operasi Lilin 2018 dan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019,” kata Panglima TNI.

Hadi mengungkapkan, sebelumnya TNI polri telah bersinergi dalam pengamanan Asian Games,Asian Para Game, KTT IMF, Pilkada serentak, dan pengamanan arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri itu.

“(Kelancaran pengamanan) semuanya berkat sinergitas TNI polri, dan hari ini kita perkuat lagi,” tuturnya.

Panglima TNI mengatakan, pada Apel Kesiapan TNI menerjunkan 50.000 prajurit TNI-Polri juga menurunkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dari tiga matra.

“Saat ini yang kita kerahkan mewakili prajurit di Indonesia, dari 43.000 dari polisi 9000. Jadi lebih dari 50.000 kekuatan yang ada disini dan hampir sama yang akan kita kerahkan nanti dalam pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019,” ungkapnya.

Sementara itu Jenderal Pol Tito Karnavian sangat mengapresiasi atas digelarnya apel pasukan yang diinisiasi oleh TNI.

“Bagi saya selaku pihak polri, saya sangat pengapresiasi yang tinggi kepada bapak Panglima, pak Kasad, Kasal dan Kasau serta seluruh jajaran TNI. Terutama kepada bapak Panglima TNI yang menginisiasi untuk penyelenggaraan apel ini,” ucap Tito.

Selama 2 tahun menjabat sebagai Kapolri, Tito mengungkapkan ini kali pertama menghadiri apel besar yang diselenggarakan TNI-Polri.

“Lebih dari 2 tahun selaku Pimpinan Polri, saya baru kali ini menghadiri apel yang dalam jumlah sangat masif. Ini menunjukan komitmen dari Polri dan TNI untuk terus bersinergi,” ucap Tito.

“Karena memang dua inilah aset bangsa yang sangat signifikan dalam menjaga stabilitas keamanan nasional, sinergi ini sudah kita tunjukan dari berbagai event,” tambahnya.

Apel yang diikuti 50.000 personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri yang didukung Alutsista dari ke tiga Angkatan diantaranya TNI AD menurunkan Tank Leopard, Meriam Caesar, Buamaster, Panser Anoa, Panser Komodo, Tank Scorpion, Tank Stomer, Meriam 57 Mm, Radar MCP Poprad, Panser V 150, Meriam 76 Mm Saluting Gun, Helly Bell-412, Helly Bolcow, dan Helly Apache.

Sementara dari TNI AL menerjunkan Alutsista Lvt-7 A1, BNp 3f, Btr 4, dan Roket Mlrs Vampire Grad.

Sedangkan TNI AU mengerahkan Helly Canacal, Helly Sp, Helly Colibri, Oerlikon, Smart Hunter, dan Gps Jammer.

Selain diikuti puluhan ribu personel TNI-Polri, Apel Kesiapan ini dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta pejabat tinggi Mabes TNI, Angkatan, dan Polri. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here