Beranda Politik Tak Mutu, Fit And Proper Tes Calon BPK Sebaiknya Dihapus

Tak Mutu, Fit And Proper Tes Calon BPK Sebaiknya Dihapus

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Seleksi calon komisioner Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dilakukan Komisi XI DPR RI hari ini, Selasa (4/4), terhadap Dirjen Penegakan Hukum Direktorat Jenderal Pajak Dadang Suwarna mengecewakan.

“Fit and Proper bakal calon BPK ini sangat mengecewakan. DPR tidak serius mencari calon yang integritas,” kata pengamat politik dan anggaran, Uchok Sky Khadafi, usai menyaksikan uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi XI.

Dikatakan Uchok, dari sekian puluh anggota Komisi XI DPR yang hadir, tidak ada satupun anggota yang mempertanyakan kepada Dadang soal pemeriksaan terhadap dirinya yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk kasus suap penghapusan pajak PT EK Prima Ekspor, yang melibatkan seorang pejabat pajak, Handang Soekarno.

“Pertanyaan-pertanyaan mereka (komisi XI) tidak punya mutu,” kata Uchok.

Dia pun menilai bila fit and proper testini hanya akal-akalan. Uchok menduga semua anggota telah memiliki calon tertentu untuk dititpkan di BPK.

“Mereka sudah punya calon dan kepentingan masing-masing. Lebih baik fit and proper dihapus karena tidak ada yang serius dalam melakukan seleksi,” tukasnya.

Sekedar informasi, dalam uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan tadi terhadap Dadang, Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Demokrat, Rudi Hartono Bangun memuji-muji Dadang. Dikatakan Rudi, Dadang sangat berteman baik dengan DPR. Hal itu, kata dia, merupakan sinyal baik.

“Jadi kalau terpilih harus ingat dengan yang milih. Saya lihat Pak Dadang friendly tapi jangan melanggar hukum. Berikut, kalau sudah terpilih, namanya mitra kerja harusnya saling memberi masukan. Saya ingatkan kalau terpilih, bantulah kami di komisi XI,” kata Rudi saat uji kelayakan dan kepatutan sore tadi. [Anwar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here