Beranda Politik Sumarno: Kisi-kisi Soal Debad Capres Menghilangkan Orisinal Paslon

Sumarno: Kisi-kisi Soal Debad Capres Menghilangkan Orisinal Paslon

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Ketua KPU DKI Jakarta (2013-2018), Dr. Sumarno, M.Si. menilai strategi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membocorkan pertanyaan debat Pemilihan Presiden (pilpres) 2019 mencerminkan ketidak orisinalnya Calon Presiden dalam debat yang akan diselenggarakan.

Hal tersebut disampaikan Sumarno saat menghadiri Diskusi Publik Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Indonesia Koordinator Wilayah III, dengan mengangkat thema “Dekonstruksi Debat Capres dan wakil presiden tahun 2019.” Rabu (16/1/2019).

Sumarno menuturkan jika KPU membocorkan kisi-kisi dengan dalih agar paslon capres-cawapres memahami pertanyaan maka tidak menimbulkan orisinal paslo dalam memahami persoalan.

“Dengan adanya kebocoran soal debat capres kepada paslon, pihak KPU memperlihatkan cerminan bahwa debat tidak berintegritas, kapabilitas, dan tidak menimbulkan orisinalitas Capres dan Cawapres” ujar Sumarno.

Menurutnya, justru jawaban yang spontanlah yang menunjukkan paslon yang natural dalam menjawab pertanyaan. “Jangan nanti orang itu dibiarkan menghafal dengan pertanyaan-pertanyaan, kisi-kisi jadi nanti itu presiden hafalan. Tidak tahu yang harus dilakukan,” ungkap Sumarno.

“Namun meskipun ada kecacatan kita patut mendukung dan mengawal, bisa saja apa yang dilakukan KPU bisa membuat debat menjadi menarik, begitupun sebaliknya” Ujar Sumarno.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here