Beranda Nasional Soekarno Memang Was A Great Man, Tapi Jangan Terlalu Mendewakan Bung Karno

Soekarno Memang Was A Great Man, Tapi Jangan Terlalu Mendewakan Bung Karno

0
BERBAGI

Radarkotanews – Hari ini tanggal 6 Juni merupakan hari kelahiran Soekarno yang dilahirkan di Surabaya Jawa Timur (6 Juni 1901). Pengamat militer Salim Said meminta masyarakat untuk tidak terlalu mendewakan Soekarno sebagai sosok yang paling berjasa bagi Indonesia. Sebagai seorang presiden, Soekarno memiliki kekurangan dalam memimpin bangsa Indonesia.

“Soekarno memang was a great man, tapi jangan terlalu mendewakan Bung Karno, orang-orang harus tahu mana saja jasa-jasa bung karno,” ujar Salim dalam suatu diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (6/6).

Salim menuturkan bahwa sebagai pemimpin, Bung Karno memang memenuhi persyaratan untuk menciptakan dan membangun Indonesia menjadi suatu bangsa yang merdeka.

Namun, Bung Karno dianggap juga memiliki kekurangan dalam mengelola Indonesia sehingga menimbulkan krisis-krisis kepemerintahan yang berdampak pada lahirnya peristiwa-peristiwa penting di Indonesia.

“Soekarno hidup dalam rentetan waktu, benar jika dianggap sebagai bapak bangsa, tapi Soekarno adalah seorang aktivis yang membangun Indonesia, sehingga pada sistem politik parlementer dirinya ikut campur tangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Salim menilai intervensi politik Bung Karno pada sistem parlementer Indonesia kala itu menciptakan peristiwa Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu). Ia menganggap karena krisis politik tersebut, Partai Komunis Indonesia (PKI) memanfaatkan celah dari konflik antara parlemen dengan pemerintah dahulu.

Salim mengatakan bertepatan pada hari kelahiran Bung Karno yang jatuh pada 6 April, ia meminta masyarakat Indonesia untuk memilah kembali informasi sejarah tentang Bung Karno dengan baik, agar nantinya pendewaan terhadap sosok presiden pertama Indonesia tidak berlanjut.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here