Setjen DPR Benarkan Puan, Tjahjo dan Pramono Masih Anggota Dewan

Radarkotanews.com – Meski sudah menjadi menteri di Kabinet Kerja pimpinan Joko Widodo – Jusuf Kalla, tiga kader PDI Perjuangan yakni Puan Maharani, Tjahjo Kumolo dan Pramono Anung masih berstatus sebagai anggota DPR. Ketiga kader Partai Pemenang pemilu tahun 2014 itupun belum melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) hingga saat ini.

Menurut keterangan Kepala Bagian Administrasi Keanggotaan Dewan dan Fraksi Setjen DPR RI Suratna, DPP PDIP tidak mengirimkan surat pengunduran ketiga kader tersebut.

“Sampai saat ini belum ada surat dari DPP PDIP terkait pengunduran diri dan pergantian antar waktu (PAW) yang dilayangkan kepada DPR,” kata dia di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (08/09/2015).

Suratna mengatakan, lantaran belum ada surat dari DPP PDI Perjuangan, DPR pun belum bisa memproses PAW terhadap ketiganya. Sebab, lanjut dia, berdasarkan UU MD3 (MPR, DPR, DPD, DPRD) anggota DPR dapat di-PAW jika meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan. 

“Pemberhentian itu baru bisa dilakukan setelah ada usulan dari pimpinan kepada pimpinan DPR dengan tembusan presiden. Hal itu diatur di dalam Pasal 240 ayat (1) UU MD3,” kata dia.
Akan tetapi, gaji Puan dan Tjahjo telah dihentikan sejak November 2014 lalu, sementara Pramono belum. Sebab, penunjukkan mereka menjadi menteri di Kabinet Kerja telah dilakukan lebih dulu dari Pramono.

Sebagaimana diketahui, Puan Maharani yang merupakan anak dari Ketua Umum PDIP Megawati itu menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Tjahjo Kumolo menjabat Menteri Dalam Negeri, dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet. (aan)