Beranda Internasional Seruan Solidaritas Terhadap Perjuangan Rakyat Venezuela Mempertahankan Kedaulatan Negerinya

Seruan Solidaritas Terhadap Perjuangan Rakyat Venezuela Mempertahankan Kedaulatan Negerinya

0
BERBAGI

MENGUTUK KERAS INTERVENSI DAN KUDETA DI VENEZUELA OLEH PEMERINTAH IMPERIALIS AMERIKA SERIKAT DAN KAKI TANGANNYA

Kami Front Perjuangan Rakyat (FPR) mengutuk keras intervensi imperialis Amerika Serikat (AS) atas percobaan kudeta di Venezuela oleh sekelompok kecil militer dalam gerakan 21 Januari 2019 untuk menggulingkan pemerintahan Nicholas Maduro yang terpilih secara demokratis. Campur tangan imperialis AS, yang mendapatkan dukungan dari pemerintahan imperialis di Eropa dan berbagai pemerintahan kaki tangannya di Amerika latin telah ditunjukkan dengan mendukung Juan Guido, boneka Amerika Serikat, yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara.

Dukungan imperialis AS atas Juan Guido serta gerombolan kecil klik militer Venezuela yang dilatih Amerika serikat merupakan jalan mempercepat pengalihan kekuasaan di Venezuela yang sejak periode presiden Hugo Chaves hingga Nicholas Maduro mati-matian mempertahankan kedaulatan bangsanya. Usaha imperialis AS ini bukanlah pertama kali di Venezuela dan terus mengalami kegagalan karena tidak didukung mayoritas rakyat. Sebelumnya, mereka melakukan kudeta atas pemerintah Hugo Chavez pilihan rakyat yang menentang dominasi dan intervensi AS terhadap rakyat Venezuela, Amerika Selatan, dan bangsa-bangsa yang tertindas.

Campur tangan AS tidak dapat dilepaskan atas krisis dalam tubuh imperialisme dan perlawanan rakyat Venezuela yang ingin mempertahan kedaulatan bangsanya. Melalui presiden bonekanya, Juan Guido, AS ingin menguasai sepenuhnya cadangan minyak Venezuela yang mencapai lebih dari 300,878 juta barrel dan lebih besar ketimbang Arab Saudi, Irak, Rusia sekali pun. Tujuan imperialis AS menjadi terbuka ketika presiden bonekanya Guido menyatakan rencana untuk melakukan privatisasi Citgo, perusahaan minyak negara, agar mudah dikuasai asing khususnya Amerika Serikat.

Kami juga mengutuk keras usaha imperialis AS bersama boneka-boneka borjuasi komprador (kaki tangan) di Venezuela yang melakukan banyak sabotase ekonomi sehingga rakyat Venezuela menderita. Mereka juga menggunakan trick tipu daya soal kelaparan, kemiskinan, dan kriminalitas yang meningkat sebagai hasil kebijakan tidak demokratis pemerintahan Maduro dan Chavez terhadap mayoritas rakyat Venezuela. Cara yang sama dilakukan oleh Pemerintah Imperialis Inggris melalui Bank of England yang menolak mengembalikan aset rakyat Venezuela sebesar 1,2 milyar dollar Amerika yang disimpan di bank tersebut.

Tindakan campur tangan dan intervensi Amerika Serikat di Venezuela mutlak harus ditentang oleh pemerintah negara-negera yang menyatakan dirinya menolak campur tangan dan intervensi kedaulatan suatu negeri atas nama apa pun. Pemerintah Indonesia sudah seharusnya menyatakan kecaman keras dan penolakan cara-cara campur tangan Amerika Serikat terhadap Venezuela dan bangsa-bangsa lainnya yang telah dibuat menderita, diantaranya: Suriah, Irak, Libya, Afghanistan, Yaman, Sudan, dan banyak lagi. Pemerintah Indonesia juga harus menunjukkan sikapnya juga dengan mengakhiri perjanjian dan kerjasama khianat dengan Amerika Serikat yang telah membuat rakyat Indonesia menderita dan hilangnya kedaulatan bangsa.

Atas situasi dan keadaan yang telah dijelaskan maka kami Front Perjuangan Rakyat bersama International League of People Struggles (ILPS) chapter Indonesia menyatakan sikap:

1. Mengutuk keras campur tangan imperialis Amerika Serikat terhadap kedaulatan negeri Venezuela melalui dukungannya atas kudeta (yang gagal) oleh kelompok kecil militer anti rakyat dan “presiden sementara” Juan Guido yang merupakan boneka terpercaya imperialis AS!

2. Hentikan segala bentuk campur tangan imperialis AS terhadap bangsa Venezuela yang mempertahankan kedaulatan bangsanya, dan hentikan seluruh intervensi imperialis AS terhadap seluruh bangsa dan rakyat berbagai negeri yang mempertahankan kedaulatannya!

3. Mendesak pemerintah Indonesia untuk mengutuk keras seluruh bentuk dukungan dan campur tangan Amerika Serikat dan pemerintahan sekutunya terhadap kedaulatan bangsa Venezuela; dan hentikan seluruh kerjasama dan perjanjian khianat dengan Amerika Serikat yang terbukti telah merampok tanah air dan merampas kedaulatan bangsa Indonesia dan menjadikan rakyat menderita akibat dominasinya.

4. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan solidaritas dan dukungan terhadap perjuangan rakyat Venezuela melawan intervensi dan segala bentuk kejahatan imperialis AS dan sekutunya dalam menghancurkan kedaulatan rakyat di negeri Venezuela.

Kami memberikan dukungan sepenuhnya atas perjuangan yang solid rakyat Venezuela melawan intervensi dan campur tangan imperialis AS tanpa kenal takut dan lelah. Sebagai bagian rakyat dunia, maka rakyat Indonesia harus bersatu dan memberikan dukungan kepada rakyat Venezuela dan seluruh bangsa tertindas dalam perjuangannya menentang segala bentuk intervensi imperialis AS demi tercapainya kedaulatan bangsa dan keadilan sosial yang bebas dari dominasi dan penindasan imperialis AS dan rejim bonekanya di setiap negeri.

Hentikan Intervensi Imperialis AS di Venezuela! Rakyat Venezuela lah yang Menentukan Nasibnya Sendiri, Bukan Imperialis AS!
Hentikan Sabotase Imperialis Terhadap Rakyat Venezuela!
Hidup Solidaritas Internasional!

Jakata, 31 Januari 2019

Rudi HB Daman
Koordinator

FRONT PERJUANGAN RAKYAT

Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), Pemuda Baru Indonesia (Pembaru), Front Mahasiswa Nasional (FMN), Serikat Demokratis Mahasiswa Nasional (SDMN), Front Nasional, Serikat Perempuan Indonesia (SERUNI), Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabarbumi), Jaringan Aksi untuk Perubahan (JAPI), Institute for National Democracy Studies (INDIES)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here