Segencar Apapun Serangan Terhadap KPK, KPK Tidak Akan Melemah

Foto: Jubir KPK Febri Diansyah

RadarKotaNews – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengakui serangan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin gencar, Namun hal tersebut tak akan mebuat KPK melemah. Sebab, pihaknya akan tetap bekerja sesuai dengan tugas dan amanat Undang-Undang.

“Serangan pada KPK akhir-akhir ini kian gencar, tapi kami akan tetap berupaya menjalankan tugas sebaik-baiknya,” tegas Febri kepada wartawan, Senin.

Dikatakan dia, sebagaimana diatur pada Pasal 32 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, maka pemberhentian pimpinan KPK dilakukan dengan alasan-alasan yang terbatas dan baru efektif berlaku sejak Presiden menerbitkan Keppres.

Oleh karena itu, sembari menunggu tindakan penyelamatan KPK dari Presiden, terutama terkait revisi UU KPK yang semakin mencemaskan. “Maka KPK terus menjalankan tugas dan amanat UU,” kata dia.

KPK pun mempercayai bahwa Presiden akan mengambil tindakan penyelamatan dan tidak akan membiarkan KPK lumpuh apalagi “mati”.

Terkait penyerahan tanggung jawab pengelolaan KPK pada Presiden sebagaimana disampaikan pada Jumat (13/9) malam, kata Febri, hal itu berangkat dari pemahaman bahwa “Presiden adalah pemimpin tertinggi dalam bernegara, tentu termasuk pemberantasan korupsi”.

“Dalam posisi Presiden sebagai Kepala Negara itu lah, KPK menyerahkan nasib lembaga ini ke depan pada Presiden. Seperti yang disampaikan pimpinan kemarin, semua diserahkan pada Presiden. Jadi kami menunggu langkah signifikan lebih lanjut untuk menyelesaikan semua hal ini,” ucap Febri.(wr)