Beranda Politik Sebutan Politikus Sontoloyo Lebih Cocok Disematkan Para Pejabat Yang Korupsi

Sebutan Politikus Sontoloyo Lebih Cocok Disematkan Para Pejabat Yang Korupsi

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Masih banyak Kepala Daerah yang belum ketahuan jika dia selama ini korupsi. Korupsi itu terjadi karena keburukan sistem. Tren yang menurun adalah yang tertangkap, bukan yang melakukan.

Hal tersebut di sampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta, Prijanto dalam sebuah diskusi di kawasan menteng Jakarta pusat, sabtu (27/10/18)

“Sebelum kita mencari siapa yang bertanggung jawab, kita benahi dulu sistem yang memang buruk sebagai penyebab terjadinya korupsi. Sistem yang mana? Nanti akan dijabarkan.”katanya

Menurut Prijanto, sistem recruitment dalam Pilkada di Indonesia masih buruk. Sistem Pilkada baik langsung maupun tidak langsung, tetap ada kemungkinan untuk melakukan korupsi.

Hal ini karena sistem yang belum ditata dengan baik.”tegas Prijanto

Dalam kesempatan yang sama Ahli Hukum Puskapsi, Bayu Dwi Laksono menilai sebutan Politikus Sontoloyo lebih cocok disematkan untuk para pejabat yang terlibat korupsi.

Pasalnya, dipilih oleh DPRD sekalipun, toh masih ada Kepala Daerah yang korupsi kok. Jadi tidak benar jika satu-satunya penyebab korupsi kepala daerah adalah sistem.

Bayu menyebut, Partai politik kurang sigap memberi penyuluhan kadernya. Karna itu, ada kader yang instan direkrut untuk Pilkada, tanpa melihat rekam jejak kader tersebut sebelumnya.

Mahar politik adalah cost tertinggi dalam penyelenggaraan Pilkada.“katanya.(Denis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here