Beranda Politik Proses Politik Yang Saat Ini Terjadi Kurangnya Berakal Sehat

Proses Politik Yang Saat Ini Terjadi Kurangnya Berakal Sehat

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Gubernur NTB, DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi,M.A, mengatakan, Islam tidak berhadapan dengan demokrasi, tetapi berdampingan dengannya adalah kata yang pas dalam hal ini. Sebab, dalam hal berpolitik jangan pernah menyerah dalam mencari konsensus atau titik temu untuk mewujudkan Indonesia lebih baik.

“Situasi kita berbangsa dalam hal ini adalah kearifan insaniyah dan kearifan islamiyah,”kata Zainul dalam sebuah seminar Univ Paramadina, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (20/5/17).

Menurutnya, Islam dan demokrasi janganlah dicari perbedaannya, hal ini akan menimbulkan terjadinya konflik massa. Sebab kata dia, Proses politik yang saat ini terjadi adalah kurangnya berakal sehat, yaitu berbuat dan berkata tidak dengan akal sehat dan kebenaran, elemen dasar ini yang membuat negara ini terjadi konflik di berbagai daerah.

Pasalnya, Banyak dari kita tidak membaca sejarah perjuangan negara ini, negara ini dapat berdiri dan berjalan sampai sekarang berkat dari Islam. Adanya keretakan di konsep negara kita dalam berpolitik. Kalau konsensus Islam dipersempit maka yang ada akan terjadinya konflik yang menggangu kebhinekaan seperti yang sekarang terjadi.

“Apabila Islam dikriminalisasi, maka umat islam akan bangkit dan mudah terpancing. Elemen Islam sangat melekat yaitu assyuro, artinya musyawarah untuk mendapatkan kesepakatan untuk mufakat.”Jelasnya.

Trakhir Zainul menambahkan, Dalam Islam pemimpin haruslah jujur dan berkata benar seperti pemimpin Islam terdahulu sidiq, fathonah dan amanah.

“Marilah kita berpolitik sesuai dengan islam, karena tidak dapat dipisahkan kedua elemen tersebut.”Ajaknya.(Denis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here