PPMI Sula Gelar Seleksi Pemuda Untuk Mengikuti Jambore Pemuda Indonesia

Foto: PPMI Sula /ist

RadarKotaNews, Kepsul – Tidak banyak yang tau Sekelompok Pemuda yang sedang giat melakukan latihan mulai dari baris berbaris, mental dan fisik serta pengetahuan. Para mentor terlihat berbaju Biru laut, dengan belasan Pemuda dan Pemudi berbaju Hitam Putih, pemandangan ini terlihat di Istana Daerah (ISDA) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) pada Jumat Pagi (20/9).

Diketahui mereka adalah PURNA PRAKARYA MUDA INDONESIA (PPMI), merupakan suatu wadah organisasi kepemudaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal tersebut diatas sebagaimana dikatakan Djemi Rondonuwu Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD PPMI) Provinsi Maluku Utara

“Kegiatan hari ini adalah Seleksi Pemuda Kabupaten Sula, jadi Kami dari DPD PMII Malut turut serta memberikan arahan agar terjaring nanti Pemuda sula yang kompetitif dan siap bersaing di tingkat Provinsi dan Nasional yang dimulai pada bulan Oktober Nanti,” beber Pria tegap yang juga merupakan Anggota TNI berpangkat Sersan Kepala di Kodim 1505 Tidore ini.

PPMI sendiri lahir atas dasar rasa persatuan, persaudaraan dan rasa NASIONALISME antara sesama pemuda. Untuk itu dukungan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepsul sangatlah diharapkan, karena selain kegiatan ini untuk mencetak pemuda-pemudi tangguh ditiap daerah mereka juga diharapkan bisa menjadi Duta Pemuda yang aktif mempromosikan berbagai keunggulan, potensi, pariwisata, budaya, kearifan lokal serta berbagai komoditi unggulan didaerah masing-masing.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Dispora Kepsul Tamsir Gailea mengatakan,
“Kegiatan Jambore Pemuda Indonesia merupakan kegiatan Nasional, ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun, namun hari ini kepsul baru ikut serta karena memang baru terbentuk DPC PPMI, Kami dari Dinas terkait sangat mendukung kegiatan ini karena mempunyai nilai positif yang sangat tinggi baik untuk Daerah dan Pemuda-pemudi itu sendiri”, beber Tamsir Gailea.

Lebih lanjut Tamsir mengatakan bahwa seleksi ini untuk menemukan pemuda bertalenta yang bisa menjadi Duta Pemuda Kepsul yang mampu mempresentasikan dan mempromosikan Daerah Kabupaten Kepulauan Sula. Penjaringan ini sendiri dengan membidik pemuda yang memang sudah teruji diberbagai event dan kegiatan Pemuda di Kepsul dan unsurnya mulai dari Pemuda Desa, Pelajar, Mahasiswa sampai pada Pemuda yang sudah teruji diberbagai Organisasi seperti OKP dan Ormas di Sula.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kepsul Aby Umarternate yang juga merupakan anggota Pemuda Pancasila Sula mengatakan,
“Kami sangat berterima kasih kepada Jajaran DPD PPMI Malut, juga perhatian dari Dinas Terkait dalam hal ini Dispora kepsul yang juga menjadi pembina Kami. Bahwa kegiatan ini ada dua manfaat besar, yang pertama bagi Daerah dan yang kedua bagi Pemuda itu sendiri”, ucap Aby.

Aby juga berharap melalui wadah PPMI, Pemuda Sula bisa menuangkan Ide dan gagasannya, kemudian juga bisa menjadi Duta Pemuda Sula yang kompetitif.

Ketika ditanyakan mengenai target DPC PPMI Sula dalam kegiatan ini, baik Aby Umarternate dan Tamsir Gailea mengatakan bahwa terpenting adalah mencetak Duta Pemuda Sula sehingga bisa bersaing mengikuti seleksi di tingkat Provinsi dan bisa mewakilkan Maluku Utara pada Jambore Pemuda Indonesia yang tahun ini pegelarannya akan dilaksanakan di Kota Tondano-Sulawesi Utara. (RL)