Beranda Politik Kecenderungan Politik Saat Ini Berwatak Oligarki

Kecenderungan Politik Saat Ini Berwatak Oligarki

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Kasus pelanggaran HAM adalah buah hasil dari praktik negara hitam yang menjadikan kekerasan sebagai metode ampuh untuk menghadapi, kelompok – kelompok yang kritis terhadap rezim.

Demikian disampaikan Direktur Imparsial, Al Araf, dalam diskusi “Refleksi 20 Tahun Reformasi Dan Masa Depan Mekokrasi”, di markas Imparsial, di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/18).

Menurutnya, dalih rezim menggunakan kekerasan demi keamanan nasional adalah upaya untuk menutupi kekuasaannya yang bobrok sebagaimana terjadi di masa pemerintahan orde baru.

Namun sayangnya, harapan masyarakat agar pergantian rezim di 1998, dimana kasus-kasus pelanggaran HAM dapat diselesaikan, itu tak kunjung terjadi. Padahal, penyelesaian kasus HAM bukan untuk kepentingan keluarga korban, melainkan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, agar hal serupa tidak terjadi lagi.

“Dengan menghukum para pelaku pelanggaran HAM itulah kita bisa dengan tenang mendapatkan kepastian kasus serupa tak terulang lagi di era roformasi,” kata Al Araf.

Disampaikan Al Araf, lantaran hingga saat ini kasus tersebut tak kunjung dituntaskan, maka tidaklah heran jika di era reformasi saat ini, kekerasan, dan pelanggaran HAM masih terjadi.

“Misalnya di Papua dalam kasus pembunuhan Theys Elu yg tahun 2002, kasus pembunuhan pejuang HAM Munir tahun 2004, dan kasus-kasus lainnya.”

Selama ini, kata dia, Komnas HAM sudah menyelesaikan penyelidikan kasus pelanggaran HAM berat yang terjadi pada masa lalu. Namun sayangnya, berkas hasil penyelidikan Komnas HAM selalu di kembalikan oleh Kejaksaan Agung dengan berbagai alasan.

Ia pun mempertanyakan sikap Kejaksaan, apakah Kejaksaan tidak mau menyelesaikan kasus HAM, atau tidak adanya kemauan politik dari pemerintah untuk menyelesaikan kasus HAM.

Bagi Al Araf, perubahan politik yang berhasil mendorong sistem demokrasi secara relatif ternyata tak membuat kondisi HAM menjadi lebih baik.

“Kecenderungan politik saat ini berwatak oligarki. Dimana politik hanya jadi arena bagi kelompok elit politik.” (fk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here