Beranda Politik Pilkada Tanpa Gagasan, Energi Tim Sukses Terkuras Habis Hanya Membuat Isu SARA

Pilkada Tanpa Gagasan, Energi Tim Sukses Terkuras Habis Hanya Membuat Isu SARA

0
BERBAGI

RKNews.com – Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia adalah teladan bagi negara muslim lain dalam berdemokrasi.

Pengamat Muda The Jakarta Institute, Abdul Karim Rahanar menilai, Pilkada DKI yang terkesan menggunakan issu SARA, membuat tensi politik memanas, Hal ini mebuat pilkada sebagai ruang demokrasi menjadi tidak sehat.

“SARA di Jadikan Isu, Mengapa demikian? Dalam sebuah negara yang didominasi oleh suatu golongan tertentu Isu SARA bisa diJadikan untuk menghambat kaum minoritas. Isu Sara sering digunakan dalam dunia Politik negara dunia ketiga, banyak terjadi di Afrika dan Asia sebagian.”ujar Karim dalam sebuah diskusi di Kampus Uhamka Jakarta Timur, rabu (2/11).

Pasalnya, dalam sistem demokrasi tidak ada yang namanya Politik SARA. Demokrasi memberikan ruang kepada semua suku golongan untuk bisa berkompetisi dalam, Pileg, Pilpres, Maupun Pilkada.

“Pilkada Tanpa Gagasan, Energi tim sukses terkuras habis hanya membuat isu SARA, hal ini membuat degradasi Demokrasi, Pilkada DKI tahun ini terlihat sangat gersang dengan gagasan kemajuan kota dan membahagiakan warganya.” terangnya.

Karim mengungkap, bahwa isu Sara membuat kita terlena dengan Visi Misi kandidat, hal ini sangat di sayangkan. Seharusnya dalam pilkada para kandidat menawarkan konsep untuk menyelesaikan persoalan yang dialami masyarakat.

“Isu Sara harus di hilangkan dalam ruang demokrasi bangsa indonesia. Pemerintah harus hadir untuk meminimalisir ISU tersebut dengan mengajak semua elemen masyarakat dalam menjaga roda demokrasi bangsa indonesia,”tutupnya.

(RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here