Beranda Nasional Peter : Kesalahan Menyebutkan Tempat Lahir Soekarno Itu Fatal

Peter : Kesalahan Menyebutkan Tempat Lahir Soekarno Itu Fatal

0
BERBAGI

Radarkotanews – Presiden Joko Widodo dalam pembacaan pidatonya yang menyebut Soekarno lahir di Surabaya Jawa Timur mendapat tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat. Penulis yang juga sejarawan Indonesia, Peter Kasenda menyesalkan kesalahan Presiden Jokowi yang menyebut kota Blitar sebagai tempat kelahiran Soekarno pada pidato peringatan hari Pancasila pada 1 Juni lalu. Kesalahan penyebutan tersebut merupakan hal yang fatal bagi Jokowi sebagai seorang Presiden.

“Bagi saya, kesalahan menyebutkan tempat lahir Soekarno itu fatal, harusnya presiden mambaca naskah pidato terlebih dahulu sebelum menyampaikan,” ujar Peter di Jakarta, Sabtu (6/6).

Peter menuturkan, Jokowi sebagai presiden seharusnya melakukan napak tilas terhadap seluruh presiden Indonesia sebelumnya. Hal tersebut dianggap penting bagi Jokowi agar mengetahui berbagai informasi personal dari para pendahulunya.

“Jokowi harusnya menyaring data-data pidato yang akan dia bacakan, jangan langsung dibaca. Fatal akibatnya kesalahan seperti itu,” ujarnya.

Lebih lanjur, Peter menuturkan bahwa sejak dahulu memang ada perdebatan soal dimana Soekarno dilahirkan. Ia mengatakan bahwa berbagai literatur yang berkaitan tentang Soekarno dibuat tanpa konfirmasi yang valid.

Peter menyebutkan bahwa Soekarno dilahirkan di Surabaya, dimakamkannya Soekarno di Blitar bukan berarti ia dilahirkan disana. Peter menjelaskan bahwa Soekarno dimakamkan di Blitar merupakan hasil keputusan politik Soeharto.

“Soekarno dimakamkan di Blitar karena untuk menjauhkan dirinya dari pusat kekuasaan Soeharto kala itu, jadi itu keputusan politik,”jelasnya.

Sebelumnya, pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Blitar, Jawa Timur, Presiden Jokowi membacakan teks pidato. Pada salah satu bagiannya, Jokowi menyebut kota kelahiran Bung Karno adalah Blitar. Padahal, yang benar adalah Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here