Beranda Politik Persiapan KPU Menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019

Persiapan KPU Menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Ketua KPU RI, Arif Budiman menyatakan bahwa KPU RI sudah siap untuk melaksanakan pemilu 2019 dan 34 KPU Provinsi semuanya juga siap untuk mendukung pelaksanaan Pemilu tahun 2019

“Sekertariat dan keanggotaan di Kabupaten/daerah juga semua sudah siap. PPK dan PPS juga dilaporkan siap secara personel dan sekertariatnya,”kata Arif dalam diskusi dengan mengangkat thema “Refleksi Akhir Tahun 2018. Persiapan KPU Menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019” di Kantor KPU RI jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/18)

Arif menyebutkan, anggaran untuk 2019, KPU telah mengajukan permohonan ke Pemerintah agar anggaran tersebut tersedia sejak awal Januari 2019. Kemudian masalah logistik juga kami meminta semua sudah siap, seperti kotak suara, bilik suara, tinta dan beberapa formulir sudah siap.

“80 sampai 90 Persen kami sudah siap menyelenggarakan Pemilu tahun 2019. Mengenai surat suara dan desain surat suara semua juga sudah siap,”katanya

Terkait dana kampanye, semua peserta Parpol sudah melaporkan dana kampanye. Untuk melakukan audit dana kampanye Peserta Pemilu 2019, KPU menunjuk kantor akuntan Publik dengan masa kerja 30 hari sejak diterimanya LDK dari peserta Pemilu dan Peserta Pemilu wajib membantu auditor dari KAP dengan menyediakan semua catatan, dokumen dan keterangan yang diperlukan dalam pelaksanaan Audit Laporan Dana Kampanye.

Sementara Direktur Perludem, Titi Anggraeni mengatakan bahwa, ada dua hal dari sebuah proses Pemilu yang harus kita cermati dan perhatikan, yang pertama kata dia, adalah Kepercayaan Publik dan kedua adalah Legitimasi Konstitusional.

“Itu adalah pondasi penting pelaksanaan Pemilu dimana Pemilu dikatakan berhasil apabila faktor tersebut diperhatikan dengan baik. Dari segi beban Pemilu tahun 2019,”tukasnya.(adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here