Perkembangan Terbaru Konflik Agraria di Kec. Teluk Jambe Barat Kab. Karawang

RKNews.com – Kami dari KPP STN menjelang subuh baru keluar dari mapolres karawang mendampingi 46 orang petani yang di amankan pihak Polres Karawang pada senin 11 oktober 2016, sekitar pukul 17.30 Wib pasca bentrokan petani dengan pengaman PT. Pertiwi Lestari, milisi sipil yang berjumlah lebih dari 100 orang di dusun Cisadang, Desa Wanajaya, Kec. Teluk Jambe Barat Kab. Karawang.

Seperti biasa bentrokan di picu oleh penolakan petani atas tindakan PT. Pertiwi Lestari yang menggusur lahan petani dengan alat berat (excavator) secara membabi buta.

Pukul 23.30 Wib Pihak Polres Karawang mengeluarkan Sembilan pemuda petani yang masih di bawah umur sementara Tiga Orang lainnya masih di amankan :

1. Epul, 15 Tahun, Cisadang, Desa Wanajaya Kec. Telukjambe Barat.

2. Wahidin, 18 Tahun, Cisadang, Desa Wanajaya, Kec. Telukjambe Barat.

3. Panji, 17 Tahun, Kiarahayam, Desa Margakaya, Kec. Telukjambe Barat.

Beserta 33 orang lainnya masih di amankan untuk diminta keterangan dan tidak menutup kemungkinan akan dikriminalisasi.

Sementara di Posko Petani Desa Kiarahayam berkumpul kurang lebih 90 an Ibu-ibu Petani, Anak di bawah Lima Tahun (Balita) kurang lebih 15 anak, dan laki-laki lima orang, yang lainnya berada di rumah masing-masing, Atas situasi ini kami KPP STN mendesak :

Satgas Agraria, Pihak Kantor Staf Presiden (KSP) yang di berikan mandat oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan Strategi Nasional Pelaksanaan Reforma Agraria 2016-2019:

Pertama, Memerintahkan Kapolres Karawang untuk melepaskan 36 Orang Petani yang masih di tahan.

Kedua, Memanggil PT.Pertiwi Lestari, Pemkab Karawang, Kepala Kantor Wilayah BPN Jabar, Kementrian ATR/Kepala BPN RI, Petani (organisasi tani) untuk Bermusyawarah Mupakat mencari Jalan Keluar atas Konflik Agraria di Kec. Teluk Jambe Barat, Kab. Karawang sebagiamana Surat Menteri ATR/Kepala BPN RI Nomor 1957/020/IV/2016 Perihal Penyelesaian masalah tanah di Kawasan Eks Tegalwaroelondon tanggal 29 April 2016.

Jakarta,12 Oktober 2016

KPP STN

Ahmad Rifai
Ketum

Yoris Sindu Sunarjan
Sekjen