Beranda Nasional Pengamat: Masa Depan Indo Pasifik Membutuhkan Kepemimpinan yang Transformatif

Pengamat: Masa Depan Indo Pasifik Membutuhkan Kepemimpinan yang Transformatif

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Indo Pasifik menggabungkan wilayah samudra Hindia dan wilayah Pasifik barat termasuk laut yang berdekatan di Asia timur dan Asia tenggara. Secara konsep bukan sesuatu yang tiba tiba sehingga mengembangkan beberapa center di situ.

Demikian di sampaikan Pengamat geopolitik dan Geostrategi pertahanan, Dr. Abdul Rivai Ras MM dalam diskusi di sekretariat PB HMI jalan Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta, Jumat (8/2/19)

Rivai menyebut wacana Indo Pasifik ada 4 wacana. Indopasifik muncul karena menggabungkan dan orientasi nya maritim. Konsep Indopasifik merupakan wacana strategi / kontek geopolitik dan kawasan ekonomi, dan mengimbangi strategi Tiongkok.

“Geostrategi pentingnya Indopasifik sebagai arena strategi dalam perbuatan power position, dan meningkatnya kepedulian maritim, pergeseran aktivitas dunia,” katanya

Pasalnya, Geopolitik keberadaan kawasan Indopasifik sebagai pusat kekuatan politik pertahanan dan keamanan

Sementara, Geoekonomi : sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk menopang masa depan Ketahanan pangan. Oleh karena itu, Konsep kerjasama Indopasifik Indonesia open dan transparan.

“Faktor AS dan peluang kerjasama, Pemerintahan Trum lebih suka istilah Indo Pasifik daripada Asia Pasifik.”jelasnya

Namun demikian, Faktor Jepang kontribusi proaktif terhadap perdamaian berdasarkan prinsip kerjasama International.
Kerjasama pembangunan manusia dan infrastruktur, meningkatnya kemakmuran bersama.

Rivai menilai, masa depan Indo Pasifik membutuhkan kepemimpinan yang transformatif, menjadi motor ASEAN sebagai penggerak strategi Indo Pasifik, sebab kata dia, menumbuhkan kemitraan ekonomi, konsisten perjuangan Good govermance dan tatanan masyarakat sipil, berkontribusi bagi jaminan tatanan regional melalui kerjasama.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here