Beranda Nasional Otsus Belum Spenuhnya Tercapai di Papua Terutama Penghormatan HAM dan Kesejahteraan

Otsus Belum Spenuhnya Tercapai di Papua Terutama Penghormatan HAM dan Kesejahteraan

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Riris Katharina mengatakan bahwa sesuai tujuan UU no.21/ 2001 tentang Otsus belum sepenuhnya tercapai terutama dibidang penghormatan HAM dan kesejahteraan

Riris menyebut, beberapa masalah yang menjadi penghambat tercapainya Otsus antara alin sbb :

Pertama, Perdasus yang belum seluruhnya terbentuk

Kedua, PP mengenai pertanggungjawaban kewenangan Gubernur masih disamakan dengan Gubernur lainnya.

Menurut Riris, dana Otsus belum memperlihatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar akibatnya penggunaaan dana otsus belum mampu memenuhi pencapaian tujuan diberikannya Otsus

Selain itu, tata kelola pemerintahan yang buruk, hal ini mengakibatkan hubungan antara pemerintah Propinsi dan Kab/kota saat ini bermasalah. Ada banyak program kegiatan di kabupaten yang timpang tindih dengan program propinsi,

“Saat ini yang terjadi pemerintah pusat mengambil alih peran lebih besar dalam pembangunan di Papua,”kata Riris dalam seminar dengan mengangkat thema “Nasib Dana OTSUS Papua Pasca 2021” di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, selasa (11/12/18)

Sementara sambung dia, Capaian Otsus terlihat ada namun belum menunjukkan perubahan yang signifikan bagi kesejahteraan rakyat Papua.

Adapun Pertimbangan mengenai Otsus di Papua Riris mengungkap :

Pertama, Dana Otsus dalam rangka pembangunan masih diperlukan namun perlu dianalisis lebih lanjut mengenai besaran, tata kelola untuk itu agar perlu segera dibahas mengenai hal ini bersama dengan pemerintah.

Kedua, terkait persoalan politik keanggotaan DPRP ( dewan perwakilan rakyat papua ) yang berasal dan dipilih dan diangkat agar segera disosialisasikan agar tidak menimbulkan multitafsir dimasyarakat.

Ketiga, Perlu dilakukan pengawasan terhadap tata kelola pemerintah di Propinsi, Kab/Kota agar seluruh energi diarahkan terwujudnya kesejahteraan dan keamanan di Papua. Pengawasan termasuk terhadap SDM di Papua.(wawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here