Obama: Indonesia Bagian Dari Dirinya

RadarKotaNews – Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama mengaku kalau perjalanannya ke Indonesia merupakan hal yang spesial. Obama, juga menyebut Indonesia bagian dari dirinya.

Hal tersebut disampaikan Obama dalam pidatonya di Kongres Diaspora Indonesia keempat di Hall Utama Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Bahkan, Obama mengenang saat masih tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Menurutnya, dia sempat merasakan kebanjiran dan harus membersihkan rumahnya.

“Sekarang sudah banyak perubahan. Sekarang sudah banyak jalan raya dan gedung,” kata Obama.

Lebih lanjut, Obama menjelaskan mengenai pentingnya toleransi. Dirinya bercerita bahwa ayah tirinya, Lolo Soetoro, seorang muslim yang menghargai agama lain di Indonesia.

Tidak hanya itu, Obama juga mencontohkan berdirinya candi Borobudur dan Prambanan di tengah penduduk beragama muslim membuat toleransi di Indonesia sangat kental. Hal itu jugalah yang membedakan Indonesia dengan negara-negara lain.

Menurutnya, karakter semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi satu jua” harus disebarkan ke semua negara-negara muslim.

“Jadi semangat negara ini adalah toleransi. Semangat itu adalah salah satu pembeda Indonesia,” ujarnya.(eful)