Beranda Politik Netralitas TNI – POLRI Dalam Pilkada Serentak dan Pemilu Tahun 2018

Netralitas TNI – POLRI Dalam Pilkada Serentak dan Pemilu Tahun 2018

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Saat ini publik telah mensoroti institusi POLRI dan TNI karena ada beberapa daerah yang diikuti calon yang berlatar belakang TNI maupun POLRI, meskipun calon tersebut sudah tidak aktif/purnawirawan.

Hal tersebut di sampaikan direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo Dalam diskusi Publik bertajuk “Netralitas TNI-POLRI Jadi Sorotan” yang di gelar oleh Indonesia Public Institute (IPI) di Resto Bumbu Desa Jalan Cikini Raya, Jakarta pusat, Jumat (22/06)

Lebih lanjut menurut Karyono, hal tersebut menimbulkan kecenderungan yang sangat kuat dimana pasangan calon nantinya menggunakan institusi/Corp pada pemenangan, karena tugas TNI/POLRI sebagai “Pengamanan” bukan “Pemenangan” dan tugas TNI dan POLRI mengawal pesta demokrasi agar berjalan aman dan tertib.

Di tempat yang sama Pengamat Sosial, Tammat R. Talaohu mengatakan, bahwa tidak netralitasnya Polri saat ini bisa kita lihat di Maluku, dimana Wakapolda Maluku Brigjen Hasanudin baru dipecat kemarin karena menginterfensi masyarakat dan ikut terlibat dalam salah satu calon yang berasal dari latar belakang Polri (Murad Ismail) tepatnya di daerah Kab. Aru.

“Pencopotan Wakapolda Maluku juga sampai ke Babinkamtibmas.” katanya

Oleh karena itu, kita apresiasi atas keputusan Kapolri atas pencopotan Wakapolda Maluku, dan kita yakini ini hanya oknum nakal yang ada di daerah yang ingin menggiring Polri bermain ke ranah politik.(Dayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here