Beranda Hukum Neta S. Pane Mengusulkan, Presiden Meresuffle Para Menterinya Yang Membawahi Bidang Penegakan...

Neta S. Pane Mengusulkan, Presiden Meresuffle Para Menterinya Yang Membawahi Bidang Penegakan Hukum

0
BERBAGI

Jakarta, Radarkotanews.com – Kembali isu resuffle kabinet mencuat setelah sempat tenggelam dengan pemberitaan ledakan bom Sarinah, Januari 2016.

Menanggapi rumor tentang pergantian sejumlah menteri yang semestinya dilakukan pergantian, pendiri Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane mengusulkan agar Presiden meresuffle para menterinya yang membawahi bidang penegakan hukum.

Sebab menurutnya dalam kabinet sekarang tidak ada perubahan dibidang penegakan hukum. Krisis kepercayaan publik terhadap kepolisian masih juga belum kembali, intervensi hukum masih terjadi.

Sementara Kejaksaan agung seolah tak ingin membuat kesalahan dan cenderung terkesan menghindar.
 Pada pengelolaan lembaga pemasyarakatan (lapas), peredaran narkoba yang biasanya marak di luar lapas, kini justru sering terjadi di dalam lapas. Kondisi ini tentunya memunculkan pertanyaan hal apa saja yang sudah dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM.

“Kabinet Jokowi paling lemah pada bidang penegakkan hukum. Intervensi yang dilakukan Presiden terhadap hukum dalam kasus Novel Baswedan, Abraham Samad, dan Budi Waseso sudah menunjukkan Presiden tidak lagi percaya POLRI. Sementara Jaksa Agung seolah menghindar dan cenderung mencari selamat.

Lalu pada pengelolaan lapas saja, peredaran narkoba justru makin marak terjadi didalam lapas, kemana Menkumham ?, ” ujar Neta S. Pane saat mengikuti diskusi publik bertema “Reshuffle Kabinet Mengembalikan Kepercayaan Rakyat” yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Kedaulatan Rakyat (PKR), di Dunkin Donut, Menteng Jakarta, Minggu (14/02/2016).

Ia menambahkan jika presiden dan publik tidak lagi mempercayai kepenegakan hukum dinegeri ini maka kedepan akan menjadi sangat berbahaya. (SA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here