Beranda Nasional Natsir Adalah Pemimpin Yang Berkategori Negarawan

Natsir Adalah Pemimpin Yang Berkategori Negarawan

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Sejarawan Prof. Dr. Anhar Gonggong, mengatakan bahwa yang kita bicarakan ini adalah pemimpin yang bukan sekedar pemimpin tetapi pemimpin yang berkategori negarawan.

Menurut dia, tidak semua pemimpin adalah negarawan. Yang namanya seorang pemimpin yang berhadapan dengan kenyataan dimana dia harus melakukan sesuatu, kalau dia tidak melakukan itu maka akan terjadi republik ini akan mengalami persoalan yang lebih besar.

“Sebenarnya Pak Natsir memiliki kharisma tertentu. Kharisma yang paling jelas adalah kesederhanaan. Ketika dia menjadi menteri, jasnya yang robek ditisik. Kesederhanaan itu yang menyebabkan respek diantara mereka sangat penting.”ujar Anhar dalam diskusi Publik Menolak Lupa, Memperingati Mosi Integral Natsir 3 April 1950, di Geung DPR RI jakarta, Senin (03/04).

Menurutnya, DN Aidit waktu membuat kopi, kemudian diletakkan di meja Pak Natsir. Ini menunjukkan bahwa orang boleh berbeda ideologi, tetapi hubungan kemanusiaan tidak perlu rusak.

Lebih Jauh Anhar mengatakan bahwa Pak Natsir bisa mendapatkan seorang Ir. Sakirman yang merupakan tokoh kuat PKI ketika itu. Pak Natsir bisa mencairkan keukeuhnya PKI itu karena bisa berdialog dengan Ir. Sakirman.

Ini faktor penting sambung dia, kemampuan untuk berdialog, melobi sangat penting. Jadi, melakukan lobi itu tidak sekerdar bicara, tetapi ada faktor kharismatik dan sebagainya.

Pak Natsir pernah menerangkan Pancasila kepada Parlemen pakistan, dan dia menerangkan Pancasila secara jelas. Piagam Jakarta juga jangan dipertentangkan. Piagam Jakarta adalah formula yang dihasilkan kedua belah pihak. 22 Juni merupakan hasil bersama yang memang diminta oleh Ketua BPUPKI.(Denis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here