Beranda Hukum Mudzakkir: Makar Itu Adalah Pelanggaran Serius

Mudzakkir: Makar Itu Adalah Pelanggaran Serius

0
BERBAGI
Prof. DR. Mudzakkir, S.H. M.H.

RadarKotaNews – Makar itu merupakan kebebasan berpendapat atau pelanggaran hukum yang bisa pidanakan.

Demikian pendapat Pakar Hukum Pidana UII, Prof. DR. Mudzakkir, S.H. M.H. Dalam seminar nasional hukum dan konstitusi dengan thema “Makar : Antara Kebebasan Berpendapat vs Penafsiran Hukum” di Universitas Nasional Jalan Sawo Manila, Jakarta selatan, Senin (8/7)

“Makar itu menurut saya adalah pelanggaran yang serius karena mengancam presiden dan ancamannya adalah hukuman mati.”jelas Mudzakkir

Pasalnya, Perbuatan Makar itu intinya adalah membuat obyek yang di Makari itu tidak bisa melaksanakan tugas nya kalau Presiden tidak bisa melaksanakan tugas nya dan Makar kepada Pemerintah maka Pemerintah tidak akan menjalankan pemerintahan caranya bisa macam macam antara lain : Membunuh Presiden atau Wakil Presiden, Merampas kemerdekaan Presiden dan Wapres dan Meniadakan kemampuan Presiden.

Tujuan dari melakukan pembunuhan, untuk merampas dan meniadakan kemampuan Presiden Presiden dalam menjalankan tugas nya dan selanjutnya jabatan presiden nya digantikan, namun kata dia, dalam pelaksanaan Makar harus ada permufakatan lebih dari satu orang.

“Dalam kontek Pemilu yang mana Presiden maju lagi dalam kompetisi Pilpres apakah Pasal Makar ini bisa ditujukan kepada Presiden yang saat ini menjadi Calon Presiden, karena Pasal Makar itu hanya ditujukan kepada Presiden dan jika ditujukan kepada Calon Presiden maka hanya bisa dikenakan UU Pemilu sehingga tidak bisa di gunakan Pasal Makar dalam Hukum Pidana.”jelas Mudzakkir.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here