Beranda Daerah Mewujudkan Pendidikan Yang Berkarakter Sebagai Identitas Masyarakat Adat

Mewujudkan Pendidikan Yang Berkarakter Sebagai Identitas Masyarakat Adat

0
BERBAGI

 

RadarKotaNews, Maluku – Seminar Pendidikan & Kebudayaan yang baru saja di selenggarakan oleh Ikatan Alumni SMAN. 1 Pulau Haruku merupakan tanggung jawab moril Kaum Intelektual yang hari ini masih peduli dengan tatanan Adat dan Istiadat yang menjadi pegangan Masyarakat Negeri Pelauw untuk hidup rukun dan saling berdampingan.

Menurut Kabir Latupono bahwa, seminar yang berlangsung pada 21okteber 2017 kemarin terbilang cukup sukses, hal ini ditandai dengan antusias Peserta Seminar serta Para Narasumber yang tidak lain merupakan Anak-anak Adat Negeri Pelauw yang sudah sukses di bidangnya.

“Peserta seminar para Pelajar yang memang menjadi sasaran kegiatan ini diantaranya, SMPN 1 Pelauw, MTSN Pelauw serta MTS Nadil Ulum Desa Ory.”ujar Kabir

Panitia sengaja menyasar Peserta pada tingkat Pendidikan “midlle” karena pada tahapan ini para Pelajar mulai melakukan metamorfosis pemikiran menuju Alam Pemikiran bebas yang mana arus budaya serta dinamika pola hidup akan begitu kuat mempengaruhi pola pikirnya.

Untuk itu tambah Kabir, maka sangat di butuhkan Pendidikan yang Berkarakter dengan mengedepankan Etika dan Moral guna menangkis arus budaya global yang menjadi ancaman serius Tatanan Masyarakat Adat dan energi Positif dari Premodialisme.

“Acara seminar yang dihadiri lebih dari 200 peserta ini diharapkan bisa menghasilkan SDM yang berkualitas dengan berbekal Pendidikan serta Intelektualitas yang berkarater serta berbasis IPTEK dan IMTEK tentunya.”harap Kabir.

Adapun seminar yang di gelar bertajuk “Pendidikan Karakter sebagai langkah tegas Etika dan Moral Masyarakat Adat” di Pandu Oleh Para Mahasiswa dan Pemuda Alumni SMAN. 1 Pulau Kariu Angkatan 2012 dengan menghadirkan: Samahelu Sp.IT dan Rasip Sahubawa, SPD sebagai Narasumber.

Diakhir acara ketua pelaksana seminar, Kabir Latupono menyampaikan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada para Pihak yang berpartisipasi pada acara ini, baik Peserta dan juga Para Narasumber. Serta memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para Alumni yang mewujudkan acara ini.

Oleh karena itu Kabir berharap kedepan akan ada lagi acara yang bermuatan positif seperti ini, guna memberikan pembekalan kepada generasi penerus Pelauw dan Hatuhaha pada umunya sehingga bisa tercipta insan akademi yang berkarakter dan selalu menjaga tatanan Adat sebagai pewaris dan anak cucu dari Masyarakat Adat.(fy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here