Beranda Ekonomi Menkeu Akui Siswa SD Sangat Paham Kondisi Negara

Menkeu Akui Siswa SD Sangat Paham Kondisi Negara

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima banyak pertanyaan ketika mengajar di SDN Kenari 07 Pagi, Senin (22/10/2018). Salah satu pertanyaan yang cukup menggelitik ialah perihal utang negara.

Momentum tanya jawab ini berlangsung ketika Sri Mulyani mengajak sejumlah siswa bermain peran sebagai pemangku kebijakan. Seorang siswa yang berperan sebagai Menteri Keuangan lantas melontarkan sebuah pertanyaan.

“Bu, negara kita ini punya utang atau enggak sih?” celetuk salah seorang siswa SD tersebut dengan polosnya. Sri Mulyani yang tepat berada di samping si bocah, merespon dengan tenang.

“Tentu saja punya. Itu semua untuk memenuhi kebutuhan negara. Hampir semua negara di dunia punya utang ke negara lain. Ada juga negara yang utang kepada warganya sendiri, ada macam-macam,” ungkap bendahara negara itu.

Seakan tak puas dengan pengetahuan yang baru saja didapat, si siswa kembali menanyakan perihal utang. “Apa negara kita juga bisa memberi utang ke negara lain?”

“Tentu bisa. Misalnya ada warga kita yang punya banyak uang, dia bisa beli SBN (Surat Berharga Negara) di negara lain,” papar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Terlepas dari cecaran pertanyaan tersebut, kepada awak media Sri Mulyani mengatakan bahwa semangat para siswa sangat luar biasa.

“Mereka berinteraksi, mereka ikut role playing, mereka bahkan ikut memikirkan kalau memiliki uang negara, kebutuhan sangat banyak. Dia harus memilih yang mana yang harus didahulukan,” urainya usai mengajar.

Sri Mulyani mengaku terkesan karena ternyata para siswa sangat paham kondisi negara. Pada usia yang masih dini, menurut dia, para siswa telah punya kesadaran terhadap bagaimana negara dijalankan.

“Mereka juga sudah mulai merasakan kalau bikin prioritas ternyata mereka bisa. Ini kan tanda tanda bahwa mereka memiliki pemikiran luar biasa. Dengan bimbingan yang baik, mereka akan jadi karakter bagus di masa depan,” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here