Beranda Politik Masyarakat Sipil Tagih Pembahasan Soal Energi Bersih di Debat Capres

Masyarakat Sipil Tagih Pembahasan Soal Energi Bersih di Debat Capres

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Sejumlah massa mengatasnamakan diri dari Masyarakat Sipil menggelar aksi Treatikal di Kantor KPU RI jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat, Senin (11/2/19), mereka Tagih Pembahasan Soal Energi Bersih di Debat Capres

Koordinator aksi Adhityani Putri menyampaikan 4 poin ke KPU sesuai dengan manifesto #Bersihkan Indonesia,” Bagaimana strategi capres untuk melepaskan Indonesia dari ketergantungan terhadap energi fosil, padahal ketergantungan energi fosil telah membebani perekonomian secara fiskal maupun lingkungan.

Bagaimana strategi capres untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan, padahal kedua capres mencantumkan pengembangan energi terbaru tetapi belum terlihat bagaimana mekanisme yang tepat dan terukurnya.

Selain itu Putri menambahkan, bagaimana strategi capres untuk memperbaiki tata kelola energi dan ketenagalistrikan, karena masalah utama penompang energi listrik di Indonesia adalah batu bara (energi fosil) yang justru merugikan Indonesia karena penyumbang emisi karbon terbesar dunia. Contohnya masalah eksploitasi sumber energi batu bara di indonesia dan korban jiwa di Kalimantan timur sebanyak 30 orang akibat bekas tambang batu bara.

“Bagaimana strategi capres untuk penegakkan hukum dan transisi berkeadilan yang berperspektif pemulihan, karena selama ini proses penegakan hukum dalam kasus lingkungan sering kali tidak mempertimbangkan dampak kerugian negara dan eksternalitas dari dampak lingkungan yang dirusak. Misalnya turunnya kualitas hidup dan kerusakan lingkungan akibat aktivitas penambangan batu bara.”tutup Putri.(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here