Beranda Hukum Maraknya Diskriminasi Di Awal Tahun 2016

Maraknya Diskriminasi Di Awal Tahun 2016

0
BERBAGI

Jakarta, Radarkotanews.com – Sikap intoleran yang diwujudkan dalam tindakan diskriminasi berpotensi menghambat akses individu maupun kelompok tertentu untuk mengenai potensi mereka dan berkembang.

Hal tersebut di sampaikan Advokat Publik LBH, Veronika dalam konfrensi pers menyikapi hari Anti Diskriminasi Sedunia (1 Maret) di LBH Jakarta, Selasa (1/03/2016).

Lanjut Veronika, hal Ini justru akan menghentikan mereka untuk memberikan kontribusi secara utuh kepada perkembangan nasional di tengah bangsa.

Jika hal tersebut tidak ditangani dan diatasi serius oleh negara, dan Negara bersikap tidak tegas serta mentolerir berbagai tindakan diskriminasi yang dilakukan baik melalui ujaran, sikap, tayangan televisi, berita maupun kebijakan negara sendiri maka hal tersebut dapat menimbulkan ketidakpastian hukum, kerusuhan sosial, konflik, ketidakstabilan dan pada akhirnya juga dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi.”tegasnya.

Menurutnya, diskriminasi sendiri dimaknai sebagai setiap pembatasan, pelecehan, atau pengucilan yang langsung ataupun tak Iangsung didasarkan pada pembedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan politik, yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau penghapusan pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik individu maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, social, budaya, dan aspek kehidupan Iainnya.

Ia menilai, di awal tahun 2016 ini Indonesia dapat dikatakan masih tiarap dalam “Zero Discrimination”. Berbagai peristiwa justru menunjukkan sikap Negara yang diskriminasi terhadap sekelompok orang.”tutupnya.(ID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here