Beranda Ekonomi Lebih Dari 90% Pekerja Perempuan di Indonesia Menghasilkan Upah Dibawah Upah Minimum

Lebih Dari 90% Pekerja Perempuan di Indonesia Menghasilkan Upah Dibawah Upah Minimum

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Ketua Umum KASBI, Nining Elitos mengungkapkan posisi perempuan saat ini sebagai obyek baik itu obyek rezim penguasa saat ini maupun buruh. Sebab mayoritas 60% dari pekerja adalah perempuan sebagai eksploitasi terbesar.

“Lebih dari 90% perempuan menghasilkan upah dibawah upah minimum pekerja di Indonesia,”kata Ning saat konferensi pers hari perempuan Internasional 2019 Panggung Politik Perempuan Independen yang di gelar Komite Internasional Women Day (IWD) di Gedung YLBHI Jakarta, jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/19)

Lanjut Nining, Kami menuntut bagaimana buruh meminta cuti haid dihari kedua dan banyak kejadian yang melibatkan permasalahan ini, banyak yang memeriksa bagian reproduksi bukan hanya dari dokter saja. Karna itu, Perjuangan perempuan tidak akan berhenti dan kami kaum perempuan akan terus berjuang demi hak-hak kita.

Atas berbagai kondisi tersebut, maka Komite IWD 2019 menuntut Negara untuk bidang ketenagakerjaan di tingkat internasional, selain itu Nining berharap, Pemerintah berperan aktif mendukung disepakatinya rancangan konvensi ILO tentang Penghapusan dan pencegahan kekerasan berbasis Gender di Tempat Kerja pada sidang konferensi pekerja Internasional (PBB, Jenewa).

Di tingkat nasional, “Negara segera mengesahkan RUU perlindungan pekerja rumah tangga dan permenaker perlindungan pekerja rumahan, memastikan pelaksanaan cuti haid, cuti melahirkan dan penyediaan fasilitas ruang laktasi layak sesuai dengan amanah UU Ketenagakerjaan serta memastikan pelaksanaan UU No. 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja Migran Indonesia.”Harap Nining.(Dirga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here