Latihan Beban Tidak Hanya Untuk Mereka yang Ingin Body Seperti Rambo

Jakarta, Saat mendengar kata ‘latihan beban’, mungkin yang terbayang dipikiran Anda adalah para lelaki bertubuh kekar yang sedang mengangkat beban berpuluh-puluh kilo. Namun tahukah Anda, bahwa latihan beban tidak selamanya seperti itu, dan memiliki banyak manfaat selain memperbesar otot Anda? Mari simak ulasan berikut.

Apa itu latihan beban? Latihan beban atau sering disebut resistance training atau resistance exercise adalah latihan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan otot. Latihan ini disebut latihan beban karena pada latihan ini menggunakan beban yang akan dilawan (resist) oleh otot yang hendak dilatih.

Beban apa yang dapat digunakan? Beban yang digunakan dapat berupa mesin, alat, maupun berat tubuh orang yang berlatih tersebut. Jadi, latihan beban tidak harus selalu menggunakan peralatan atau mesin canggih yang banyak terdapat di gym, namun dapat berupa alat sederhana seperti dumble, hingga botol minum yang diisi pasir, dan bahkan, tanpa menggunakan alat bantu sekalipun, yaitu dengan menggunakan berat tubuh kita sendiri yang disebut dengan latihan chalistenic.

Contoh paling umum dan paling sering dilakukan dari latihan chalistenic ini adalah push up dan sit up yang dapat dilakukan di manapun dan kapanpun.