Beranda Nasional Lahirnya Pancasila 1 Juni Hanya Dijadikan Hari Libur Nasional, Lalu Dimana Memaknainya…???

Lahirnya Pancasila 1 Juni Hanya Dijadikan Hari Libur Nasional, Lalu Dimana Memaknainya…???

0
BERBAGI

RKNews.com – Setiap tanggal 1 Juni kita memperingati lahirnya dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

Menurut Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto mengatakan dalam memperingati setiap tahun kelahiran Pancasila, apakah semua komponen anak bangsa telah menjalankan Pancasila sesuai dengan sila-sila yang terkandung didalamnya…? Mungkin bagi sebagian orang akan menjawab sudah, namun sebagian orang lagi akan mengatakan belum. Kalau kita menilik dari nilai-nilai yang terkandung didalam sila-sila tersebut adalah keseimbangan antara ucapan dan tindakan.

“Menjalankan Pancasila secara murni dan konsekuen adalah tantangan dan perlu menyamakan gerak serta langkahnya.”ujar Hari Purwanto di jakarta, kamis (02/06)

Sambung Hari, Bahkan negara Indonesia yang akan memasuki umur kemerdekaan ke 71 tahun, belum secara utuh melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen terutama para pemangku kekuasaan. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangat diakui kebesarannya oleh bangsa-bangsa lain. Para founding fathers yang merumuskan sila-sila di dalam Pancasila sangatlah visioner dalam menempatkan Pancasila secara utuh mengikuti perkembangan zaman kedepan. terangnya.

Selain itu Mahasiswa Pascasarjana Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta ini menegaskan, Pancasila harus menjadi tempat dan pegangan awal bagi para elit, parpol maupun kekuasaan saat ini untuk menahkodai bangsa ini. Dirinyapun menghimbau terhadap Penguasa saat ini harus mengajak semua komponen anak bangsa melaksanakan kontemplasi bersama. Sebab, Dijadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional bukan menjadikan esensi yang sesungguhnya dalam memperingati lahirnya Pancasila.

“Lalu dimana kita sebagai bangsa besar memaknai Pancasila secara sungguh-sungguh…? Kalau hanya dijadikan sebagai hari libur nasional tanpa ada upacara atau kegiatan di sekolah, kampus, perkantoran bahkan institusi negara maka bangsa ini dari level top down baru melaksanakan ucapan dan belum termaterialkan menjadi tindakan,”sesal Hari.

Semoga kita semakin tercerahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mengamalkan serta menjalankan Pancasila secara murni dan konsekuen sesuai harapan para founding fathers. Aamiin Allahuma Amiin…

(fk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here