Beranda Suara Rakyat Konsep Industrialisasi Menurut Bung Hatta

Konsep Industrialisasi Menurut Bung Hatta

0
BERBAGI

Oleh : Rudi Hartono

Betulkah kita tidak punya strategi industrialisasi? Sebetulnya, kalau mau jujur, konstitusi kita, yakni pasal 33 UUD 1945, sudah menyiapkan landasan untuk strategi industrialisasi. Sayang, konsep pembangunan ekonomi ala pasal 33 UUD 1945 itu tidak pernah di jalankan.

Di samping itu, para pendiri bangsa kita sebetulnya sangat kaya dengan pemikiran soal strategi industrialisasi. Salah satu diantaranya: Bung Hatta. Gagasan Bung Hatta mengenai strategi industrialisasi banyak ditorehkan di banyak tulisan-tulisan dan pidato-pidatonya. Sayang, para pengambil kebijakan ekonomi kita saat ini sengaja mengabaikan pemikiran Bung Hatta itu.

Apa itu industrialisasi? Menurut Bung Hatta, membangun pabrik di mana-mana belum berarti industrialiasi. Ia mencontohkan Pulau Jawa saat itu, yang sudah punya banyak pabrik, namun kehidupan sebagian besar rakyatnya masih bergantung pada sektor pertanian.

Bung Hatta melanjutkan, supaya suatu negara bisa disebut melakukan industrialisasi, maka dasar perekonomiannya, yang semula bertumpu pada sektor agraria, harus segera beranjak menjadi industri. Artinya, sektor pertanian tidak lagi menjadi pokok, namun beralih ke industri. Kehidupan rakyat pun ikut berubah: dari bergantung pada pertanian beralih ke industri….

….Menurut Bung Hatta, untuk membangun industri, kita harus menggenapi empat syarat, yaitu tenaga kerja (buruh), kapital, tenaga organisasi, dan bahan baku. Dari empat syarat itu, ada dua syarat yang relatif gampang dipenuhi, yakni tenaga kerja dan bahan baku. Yang agak sulit, kata Bung Hatta, ialah soal kapital dan tenaga organisasi.

Kalau industrinya mau diarahkan untuk kesejahteraan rakyat, maka mau tidak mau kapitalnya harus datang dari rakyat atau pemerintah. Sebab, kalau kapital-nya datang dari luar (kapital asing), maka tampuk produksi bisa dipegang oleh orang asing. Motif kapital asing ini pun keuntungan belaka. Artinya, kalau tidak ada bayangan keuntungan, maka mereka tidak mau.

Di sinilah letak masalahnya: kapital asing hanya akan membangun industri yang gampang mendatangkan keuntungan berlimpah. Biasanya mereka lebih melirik sektor pertambangan. Sementara industrialisasi kita, yang menuntut penyerapan tenaga kerja penuh dan pemenuhan kebutuhan rakyat, menghendaki pembangunan pabrik secara meluas…..

#2019GantiHaluanEkonomi
#MenangkanPancasila

Penulis adalah Pemred Berdikari Online & Wasekjend KPP PRD

(Adrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here