Beranda Hukum Komnas HAM RI Menawarkan Konsep Sekolah Ramah HAM

Komnas HAM RI Menawarkan Konsep Sekolah Ramah HAM

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Wakil Ketua Komnas HAM RI, M. Nurkhoiron, menyampaikan bahwa memperingati Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2017, Indonesia masih diliputi keprihatinan yang mendalam sampai saat ini dunia Pendidikan di Indonesia dari jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) masih diwarnai beragam bentuk Pelanggaran HAM di Sekolah.

Menurut Nurkhoiron, bentuk Pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia seperti tindakan diskriminatif, kekerasan baik fisik, psikis dan simbolis, perusakan lingkungan, pembunuhan, intoleransi, pengabaian hak-hak anak penyandang disabilitas, pengabaian kesetaraan jender dan nilai-nilai radikalisme.

“Komnas HAM mencatat sepanjang tahun 2014-2015 ada 175 berkas Pengaduan yang terjadi di Sekolah,”ujar Nurkhoiron dalam
Konferensi Pers yang bertajuk “Stop Pelanggaran HAM di Sekolah” yang di Kantor Komnas HAM RI, Menteng Jakarta, selasa (02/05).

Lanjut dia, Seperti penahanan Ijazah atau Rapor, penghentian kegiatan belajar mengajar, penyalahgunaan dana Pendidikan dan pungutan tidak resmi, diskriminasi dalam pendidikan terkait disabilitas, penjatuhan sangsi sewenang-wenang, pengeluaran dari Sekolah, perlakuan diskriminatif terhadap siswa korban pemerkosaan dan tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

Menurutnya, penyebab pemicu dan pencetus munculnya beragam bentuk Pelanggaran HAM dikarenakan Negara belum mampu membumikan nilai-nilai HAM di Sekolah, nilai-nilai HAM masih hanya sebatas pengetahuan belum mampu diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di Sekolah.

Selain itu, Komnas HAM RI menawarkan konsep Sekolah Ramah HAM (SRHAM) sebagai role model dalam menyelesaikan beragam Pelanggaran HAM di Sekolah, dimana (SRHAM) sebuah Sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai HAM sebagai prinsip-prinsip inti dalam organisasi dan pengelolaan Sekolah dimana nilai-nilai atau prinsip HAM menjadi pusat dan roh dari proses pembelajaran dan pengalaman serta hadir di semua sendi-sendi kehidupan Sekolah.

“Berkaitan dengan tema Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2017 yaitu Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas, Komnas HAM menekankan perlunya penambahan frasa yang ramah HAM. Melalui Pendidikan yang merata, berkualitas dan ramah HAM maka Pendidikan yang menyenangkan, aman dan berhasil guna dapat terwujud sebagaimana cita-cita Ki Hajar Dewantara.(WaWaN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here