Beranda Nasional Kominfo Pultab Jangan PHP, Terkait Pembangunan Tower Jaringan Tlp dan Internet

Kominfo Pultab Jangan PHP, Terkait Pembangunan Tower Jaringan Tlp dan Internet

0
BERBAGI

3 Hari berturut – turut jaringan tlp & internet lumpuh total di bobong


RadarKotaNews, Taliabu – Ada pemandangan tidak biasa di sepanjang bibir pantai di Kota Kabupaten Daeran Pulau Taliabu, dimana terlihat Masyarakat berbondong-bondong turun ke bibir pantai hanya untuk mengais jaringan Telepon & Internet.

Fenomena Masyarakat turun ke bibir pantai mulai dari depan Bank BRI sampai depan Masjid Raya Bobong yang merupakan Kota Kabupaten Pulau Taliabu menjadi pemandangan yang tidak lazim, hal ini dikarenakan mulai dari hari Senin secara beruntun sampai Rabu Pagi jaringan telepon & internet lumpuh total. Sampai berita ini diturunkan, Kamis (28/3), jaringan di Bobong masih unstabil, berikut invistigasi Tim Media Radarkotanews melaporkan.

“kitorang sangat tersiksa dengan kondisi ini, torang dari ratahaya diatas sana sampai harus turun ke pantai hanya untuk bisa batelepon”, ucap sedih seorang Ibu setengah baya yang mengeluhkan jaringan telepon dan internet yang mengalamai degradasi di Kota Bobong.

Di tempat yang sama Bapak tua-renta bernama Ridwan dari Desa Wayo mengatakan, “kondisi ini sudah kerap terjadi, ini sudah seminggu seperti ini, kami tidak tahu harus mengeluh kesiapa…namun pasti ini sangat meyusahkan kami sebagai warga masyarakat”, bebernya.

Fakta yang terjadi memang terhitung minggu-kamis pagi jaringan telepon dan internet di Kota Bobong sangat tidak stabil dan cenderung lumpuh total. Kondisi demikian menjadi pil pahit bagi warga masyarakat Daerah Kab. Pulau Taliabu-Malut. Masyarakat yang sebagian besar pelanggan provider Telkomsel yang terkenal kuat jaringannya sampai ke pelosok Indonesia tidak paham apa sesungguhnya yang terjadi, serta bingung dan tidak mengerti harus mengeluhkan kondisi ini ke siapa dan pihak mana. Sementara ini jika Kita bicara hak dan kewajiban maka sebagai pelanggan Telkomsel mereka berhak mendapatkan jaringan atas kewajiban mereka membeli pulsa atau kuota internet.

Terkait hal tersebut, Tim media RKNews.com beranjak ke Dinas Kominfo Pemda Kab. Pultab guna mendapatkan informasi yang akurat terkait kondisi yang ada, apa sebenarnya yang terjadi? dan apa langkah pemda terkait keluhan masyarakat diatas? serta kapan kondisi ini segera berakhir? karena Kominfo yang membidangi permasalahan informatika pasti memahami jika jaringan Telepon & Internet sudah menjadi kebutuhan primer  Masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Kadis Kominfo Pemda Kab. Pultab, Gafaruddin menjelaskan, “kami memang mendapatkan informasi dari pihak provider telkomsel bahwa ada kerusakan teknis yaitu salah satu panel telkomsel di daerah kawalo”,

Sikap apatis Kadis Kominfo Pemda Pultab sangat-sangat disayangkan, mengingat masalah ini merupakan masalah serius. Terputusnya jaringan telekomunikasi otomasi menghabat komunikasi para pelaku pasar dan penggiat ekonomi di Kota Kabupaten Bobong yang potensi menghambat pertumbuhan Ekonomi di Daeras tersebut.

“kami hanya bisa berkoordinasi dengan pihak telkomsel dalam hal ini kepala telkomsel maluku utara terkait persoalan ini”, tambah Gafaruddin

Sementara itu Kadis Gafaruddin sempat berjanji terkait ditanyakan upaya Dinas yang dikepalainya menyangkut persoalan diatas, bahwa program 2019 ini mereka akan mengupayakan agar pihak telkomsel mampu ‘menembak’ jaringannya lewat Sulawesi bukan lagi dari maluku utara yang memang secara teritorial sangat jauh. Serta untuk membangun tambahan tower pemancar untuk menguatkan signal dan pancaran ke Kota Bobong yang merupakan Kota Kabupaten dan pusat perekonomian Kab. Pultab.

Semoga hal diatas bukan angin syurga atau PHP dari Dinas Kominfo, mengingat wacana ini terus dikembangkan namun sampai saat ini tak kunjung ada realisasi. (RL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here