Beranda Hukum Komando Armada Barat Siap Mendukung Pemberantasan Illegal Fishing

Komando Armada Barat Siap Mendukung Pemberantasan Illegal Fishing

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Seperti yang diungkapkan oleh Panglima Koarmabar, Laksamana Muda TNI AL Achmad Taufiqoerrochman di Jakarta, Kamis (12/11/2015) bahwa bilamana Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti meminta TNI AL untuk membantu pemberantasan pencurian ikan dilaut, maka pihaknya siap untuk diajak berkerjasama. Sayangnya sejauh ini belum ada permintaan akan hal tersebut.

Apabila Menteri Kelautan dan Perikanan hendak membangun kerjasama dengan TNI AL maka prosedur yang dilakukan pastinya pihak Kementerian Kelautan akan terlebih dulu melakukan koordinasi dengan Panglima TNI. Baru kemudian Panglima TNI memerintahkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) agar melibatkan personel dan kapal yang berada TNI AL yang berada dibawah kendali Panglima Komando Armada Barat dan Timur.

Untuk operasional komando utama Koarmabar menurut Pangkoarmabar adalah sebagai operasi komando utama yang bersifat permanen. Jika satuan tugas (satgas) terbentuk biasanya bersifat adhoc (sementara) yang didalam pengoperasiannya atas komando dari Panglima TNI. Dan apabila ada permintaan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan akan bantuan pemberantasan illegal fishing, maka diperlu adanya satgas karena TNI AL tidak hanya dipersiapkan untuk fungsionil tapi juga perang. Koarmabar sendiri siap menggunakan kapal patroli dan kapal OPP. Kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari 32 kapal milik Koarmabar yang dapat digunakan setiap saat. Hanya saja diakui dukungan bahan bakar untuk pengoperasiannya masih minim (baru terpenuhi 30%/tahun).

Dengan adanya pengamanan praktek illegal fishing yang didukung oleh TNI AL maka kondisi diselat Malaka, selat Sunda, dan Natuna diharapkan semakin hari akan semakin kondusif dari tindakan ilegal.

“Jika Bu Susi nanti minta bantuan kapal atau personil, TNI AL siap. Tapi sejauh ini belum ada permintaan bantuan dari Bu Susi untuk penangkapan illegal fishing”, ungkap Pangkoarmabar Laksamana Muda TNI AL Achmad Taufiqoerrochman.(SA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here