KNPI Adalah Sahabat Sejati

Foto: KBO. SatIntel Polres. Sula, Syahlan Tubaka./ist

Oleh: Sahlan Haris Tubaga, S.H. M.H

KNPI adalah sebuah organisasi untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran anak-anak pemuda/i untuk merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Sehingga pada kesempatan tulisan pendek ini, saya dan seniorku namanya bang syamsul (sapaan dalam pengilan sehari-hari) mempunyai sebuah ide untuk dapat melahirkan sebuah sejarah baru di Kab Kep Sula, yaitu melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan bang Saipul Sibela serta Ajis Agus Banapon.

Mereka berdua adalah kader muda inovatif dan kreatif, mempunyai intelektual dan segudang pengalaman berorganisasi, saat ini mereka sedang nahkodai organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kab Kep Sula.

Penulis tidak mengenal KNPI versi si A dan versi si B, yang saya kenal adalah Sahabat Sejati. Anak bangsa yang perlu diberikan gagasan, inovasi dan solusi untuk melahirkan ide-ide yang cemerlang untuk Negara dan Bangsa.

Mungkin tahun-tahun sebelumnya saya, anda dan kalian merasa ketakutan untuk berkawan, bersahabat dan tidak perlu membutuhkan pertemanan, namun berjalannya waktu saya menyadari bahwa untuk membangun pondasi persahabatan harus bermula dari titik O. Karena titik O adalah cara komunikasi yang baik untuk menunjukan rasa gembira ketika sedang bertemu dan berdisukusi, sehingga ada output untuk Bangsa dan Negara.

Ketika para rekan-rekan pendahulu saya mengamati anda dengan suatu karya yang pro dan kontra, namun hal tersebut semata-mata hanya ingin melindungi kalian.

Terlepas hal tersebut, saya dan bang syamsul menganggap seorang teman atau sahabat tidak dengan kedudukannya secara sosial. Karena seorang sahabat cenderung menempatkan diri setara dengan tidak memandang yang lain lebih rendah dari dirinya, kalian berdua adalah sosok sahabat sejati yang inovatif dan kreatif yang dapat memberikan solusi, memberikan motivasi dan menjaga hubungan silaturahmi yang tidak akan hilang oleh badai dan hantaman ombak.

Negara tanpa KNPI tidak asik, sebaliknya KNPI tanpa negara tidak akan asik untuk mengelola sebuah Negara. semoga degan tulisan ini membuat saya, anda dan para pembaca untuk mengedepankan arti dari sebuah sahabat sejati.

Penulis adalah Anggota Polres Kep Sula, Maluku Utara.

(RL)