Beranda Nasional Kementrian Kesehatan Tingkatkan Upaya Penanganan TB

Kementrian Kesehatan Tingkatkan Upaya Penanganan TB

0
BERBAGI

Radarkotanews.com – Tanggal 24 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai World Tuberculosis Day atau Hari Tuberkulosis Dunia. Setiap tahunnya jumlah kasus tuberkulosis terus menurun dari tahun ke tahun. Dalam setahun 67 ribu warga Indonesia meninggal dunia karena tuberkulosis, dan 6-7 orang per hari meninggal.

“Sebanyak 67 ribu orang  meninggal dunia dalam setahun karena tuberkulesis dan dalam sehari sebanyak 6-7 orang meninggal dunia ,” kata Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit M. Subuh di Kemenkes, kamis (24/3/2016).

Menurutnya, Kemenkes terus melakukan upaya penyuluhan dan gencar melakukan sosialisasi dan pemberian obat kepada masyarakat.

DiKetahui fakta mengenai penyakit tuberkulosis yang bersumber dari Lembar Fakta Tuberkulosis Peringatan Hari TB Sedunia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI berikut ini.

1. Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

2. TB ditularkan dengan cara yang sangat mudah yakni melalui udara. Ketika seseorang sakit TB batuk, bersin, berbicara, atau meludah mereka dapat memercikkan kuman TB ke udara. Seseorang dapat terpapar TB dengan hanya menghirup sejumlah kecil kuman TB.

3. Seseorang yang tertular kuman TB belum tentu menjadi sakit TB. Kuman TB dapat menjadi tidak aktif (dormant) selama bertahun-tahun dengan membentuk suatu dinding sel berupa lapisan lilin yang tebal. Bila sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, kemungkinan sakit TB menjadi lebih besar.

4. Sakit TB bisa disembuhkan dengan minum obat sesuai standar selama 6-8 bulan.

5. Beban TB di Indonesia masih sangat tinggi mengingat setiap tahun masih ada 300 ribu kasus tuberkulesis. (IV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here