Beranda Hukum Kebebasan Berekspresi Merupakan Hak Asasi Manusia Yang Harus Dihormati

Kebebasan Berekspresi Merupakan Hak Asasi Manusia Yang Harus Dihormati

0
BERBAGI

RadaKotaNews – Kebebasan berekspresi merupakan hak asasi manusia yang harus dihormati, dilindungi dan dipenuhi oleh negara. Namun demikian, semua harus memahami bahwa kebebasan berekspresi tidak bersifat tak terbatas.

Hal itu disampaikan Ketua Komnas HAM Nur Kholis dalam Konferensi Pers terkait Persekusi di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/6), menanggapi fenomena persekusi dan kebebasan berekspiresi di media sosial.

Menurut Nur Kholis, Kebebasan berekspresi dapat dibatasi oleh negara berdasar undang-undang atas dasar klausul pembatas menghormati hak atau nama baik orang lain, melindungi keamanan nasional, ketertiban umum, kesehatan atau moral masyarakat sesuai dengan asas proporsinalitas dan asas nesesitas dalam negara yang demokratis.

Dikatakan Nur Kholis, lndonesia juga sudah membatasi kebebasan berekspresi berdasarkan butir tersebut dalam UU antara lain KUHP dan UU ITE.  

“Oleh karena itu terkait dengan tindakan tindakan berupa perburuan dan berbagai tindakan sewenang-wenang oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, Komnas HAM mengutuk keras oleh karena melanggar setidaknya hak atas kemerdekaan berpendapat atau pun hak atas kemananan diri serta melanggar prinsip negara hukum,” terangnya. 

Dikatakannya, tindakan tersebut dapat dikualifikasi sebagai perampasan secara sengaja dan kejam terhadap hak-hak dasar yang bertentangan dengan hukum internasional dengan alasan identitas kelompok atau kolektivitas tersebut yang dalam hukum internasional disebut sebagai persekusi. 

“Komnas HAM menyerukan aparat negara khususnya Polri untuk sigap dan tegas dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelakunya dengan menggunakan instrumen hukum yang ada dalam hukum lndonesia. Komnas HAM menghargai upaya Polri untuk beberapa kasus yang terjadi serta mendukung Polri lebih sigap terhadap kasus-kasus lain,” tandasnya. (eful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here