Beranda Politik Karyono: Ada Dua Dimensi Isu Kecurangan Pemilu

Karyono: Ada Dua Dimensi Isu Kecurangan Pemilu

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Ketua umum ILUNI UI PPS, Audrey Tangkudung menyebut
adanya pihak yang belum menerima kemenangan Jokowi di mana sudah mendeklarasikan 02, Jujur kata dia, kita berharap situasi tegang ini kita bisa lalui agar indonesia bertahan dalam suatu bangsa yang multikultural tidak monopoli karena terdiri dalam suatu bangsa

“Kalau kita ingin memperjuangkan harus saling menerima tidak bisa menang sendiri kita tidak mau bangsa ini terjadi seperti di Suriah perang di mana-mana.”ujar Audrey dalam diskusi dengan mengangkat thema “Mengapresiasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 Damai, Jujur dan Adil” di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta pusat, Jumat (10/5/19)

Sementara Direktur Eksekutif IPI, Karyono Wibowo berharap penyelenggara pemilu mesti menuntaskan dan mengambil keputusan secara bijak sesuai dengan peraturan.

Namun demikian isu kecurangan
yang katanya terstruktur sistematis dan masif, biasanya di kontestasi politik itu saling klaim. itu sudah menjadi bumbu pemilu, namun jika semua jenis pelanggaran itu sudah diatur dalam UU nomor 7 pemilu,

Termasuk kata Karyono, sengketa hasil, apabila ada yang tidak puas maka bisa memohon ke MK. Jadi sudah ada mekanisme penyelesaiannya.

Masih menurut Karyono, Isu kecurangan itu ada dua dimensi. Apakah betul terjadi kecurangan terstrukrut masif atau di desain sebagai sebuah propaganda, isu dan opini. “Nah ini menurut saya lebih cenderung ke isu dan mendelegitimasi penyelenggara dan endingnya untuk menolak hasil pemilu.”

“ini yang menurut saya ada korelasinya antara pembentukan opini yang sudah terjadi sejak awal hingga kini.”jelasnya

Terakhir Karyono berpesan, Pemilu bukan akhir segalanya, tapi salah satu instrumen demokrasi untuk memilih pemimpin kita di level legislatif ataupun eksekutif. Berbeda pilihan itu tidak harus saling membenci diantara kita. Namun jangan juga gara-gata beda pilihan kita memutuskan tali silaturahim bahkan merusak persatuan kita.(fy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here