Beranda Politik Kampanye Hitam dan Hoax Menjadi Ancaman Terselenggaranya Pemilu

Kampanye Hitam dan Hoax Menjadi Ancaman Terselenggaranya Pemilu

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Penyebaran hoax sangat mudah dilakukan melalui Twitter, WA, dan sarana medsos lainnya. Motivasinya beragam, seperti iseng, lelucon, sensasi, dan bangga menjadi penyebar pertama ataupun sengaja dengan target dan tujuan tertentu.

Hal tersebut di sampaikan Ketua Fraksi PPP MPR RI, Arwani Thomafi dalam Seminar bertajuk “Bahaya Hoax di Tahun Politik”, di Gedung Nusantara I MPR/DPR, Jakarta, rabu (24/10/18)

Menurut Arwani, ciri-ciri hoax dapat diidentifikasi dengan cara antara lain sumber berita yang tidak terpercaya, foto dan video hasil rekayasa, dan info yang biasanya mengandung unsur politik atau sara.

“Hoax berdampak antara lain pada timbulnya fitnah, memicu perselisihan, permusuhan dan dapat mendorong terjadinya konflik antar kelompok masyarakat.”tukasnya.

Selain itu Arwani menyebut, Penyebaran hoax yang dikaitkan dengan persaingan politik semakin marak sebagai upaya mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kontestan dalam suatu persaingan politik.

Karna itu, Bentuk-bentuk kampanye hitam dan penyebaran hoax dalam persaingan politik menjadi ancaman bagi terselenggaranya pemilu yang demokratis dan berkualitas sehingga harus ditegakkan aturan agar hal ini dapat dicegah atau dikurangi.(wawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here