Beranda Politik Jika Hanya Sebatas Ucapan Tanpa Tindakan Rekonsiliasi Sulit Diwujudkan

Jika Hanya Sebatas Ucapan Tanpa Tindakan Rekonsiliasi Sulit Diwujudkan

0
BERBAGI
Ahmad Muzani

RadarKotaNews – Rekonsiliasi akan sulit diwujudkan apabila hanya sebatas ucapan tanpa tindakan. Sebab, rekonsiliasi hanya akan menjadi dagangan politik dan lip service jika tidak bisa mengendorkan ketegangan atau pertentangan di masyarakat.

Hal tersebut di sampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/19).

Agar ketegangan di tengah masyarakat mengendor, Muzani menyarankan,
pemerintah harus membebaskan para aktivis kubu oposisi yang ditangkap dan memulangkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

“Kan beberapa waktu lalu, banyak ditahan-tahanin ratusan orang,” ujar Muzani

Menurutnya, tidak ada syarat lain yang diajukan Gerindra selain pemulangan Habib Rizieq dan pembebasan para tokoh oposisi. Dengan begitu, diharapkan ketegangan di tengah masyarakat menjadi mengendor sehingga tidak ada lagi gesekan.

“Pokoknya yang penting adalah bagaimana perbedaan paham, perbedaan pandangan, perbedaan pilihan di masyarakat kemudian menjadi sesuatu yang cair,” ungkapnya.

Lebih lanjut Muzani menilai, kalau perbedaan pandangan itu bisa cair, maka diyakini ada energi bagi bangsa Indonesia untuk menata ke depan untuk membangun Indonesia.

“Islah yang sekarang harus dilakukan itu harus meniadakan dendam, harus meniadakan bahwa saya pemenang dan kamu yang kalah, saya penguasa, kamu yang dikuasai sehingga islah itu tidak akan terjadi kalau dendam yang seperti itu masih terjadi,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here