Beranda Ekonomi IRESS: Pertamina Menanggung Subsidi Solar dan Premium 25 T Mungkin Tahun Depan...

IRESS: Pertamina Menanggung Subsidi Solar dan Premium 25 T Mungkin Tahun Depan Bisa 40 T

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Menyoroti pembangunan infrastruktur terkait masalah energi kita lihat Pepres No.28 tentang percepatan proyek staregis nasional misalnya ada rencana pembangunan 2 kilang BBM yang baru dan ada kilang yang di Upgrade untuk menghasilkan BBM yang terbaru ada 5 tempat yaitu Cilacap Pekalongan, Balikpapan, Dumai dan Pelaju.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies, Ir. Marwan Batubara dalam diskusi bertajuk “Infrastruktur era Jokowi : Efektik, Salah Sasaran atau Koruptif ?” di Seknas Prabowo – Sandi Jalan Hos Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/18)

Karna itu Marwan menyebut bahwa Perkembangan setelah dicanangkan baru 1 proyek yang itupun belum dimulai baru hanya tanda tangan kontrak yang lain masih dalam proses pembebasan lahan, sementara negosiasi kontrak dengan partner, kenapa bisa begitu karena ini kerja sama dengan pertamina dengan luar.

“Kita tidak bisa mengandalkan uang dari luar sehingga pertamina tidak bisa menanggung subsidi BBM.”katanya

Menurut Marwan, thn 2016 Jokowi memaksa pertamina untuk menangung subsidi solar dan premium 25 T mungkin tahun depan bisa 40 T yang di talangi oleh Pertamina maka dari situ dapat membuat kerugian yang besar.

“Pertamina dan partner sengaja mengulur waktu kalau dipaksakan segera, ini akan menjadi tertunda tapi bagi ketahanan energi ini sudah kita alami dampak negatif nya apabila kita tetap impor devisit naik maka nilai tukar rupiah merosot.

“Permasalahannya adalah lambat laun kita akan impor minyak terus dengan Singapura, belakangan pemerintah sekarang dipengaruhi oleh pengusaha untuk menggerogoti dengan cara membangun SPBU mini, ini akan menggerogoti bisnis pertamina,”jelas Marwan.

Maka dari itu, Marwan mengingatkan jangan dikira harga BBM murah pemerintah tidak perduli dengan BBM subsidi yang ditanggung oleh pemerintah, Oleh karena itu, hal tersebut akan berdampak dengan nilai tukar rupiah yang semakin merosot.(wawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here