BERBAGI

RadarKotaNews, Spanyol – Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) tampil sebagai pembicara di International Conference On Asean Studies (ICOAS) yang berlangsung 21-23 Maret 2018 di Universitas Madrid, Spanyol.

Pada konferensi tersebut, HMPI menyampaikan bahwa indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Hampir semua kebutuhan logistik manusia dapat di produksi sendiri oleh indonesia.

Untuk itu, HMPI mengajak negara eropa untuk melakukan kerjasama bilateral di berbagai sektor. Kerjasama dapat dilakukan di sektor ekonomi, perdagangan, politik, teknologi, pendidikan dan kebudayaan.

Tentu sebagai negara yang kaya atas SDA, Indonesia membutuhkan pasar eropa untuk melakukan kegiatan ekonomi dan perdagangan. Termasuk mendorong hadirnya ekonomi kreatif yang dilokomotif oleh anak muda indonesia.

Dalam bidang pendidikan, indonesia harus lebih massif mendorong perguruan tinggi indonesia untuk melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di eropa khususnya Spanyol khususnya bidang ilmu yang berhubungan dengan teknologi.

Memudarnya kepercayaan eropa terhadap negara muslim, termasuk Indonesia, maka HMPI hadir meluruskan stigma barat terhadap indonesia. HMPI mempresentasikan kepada eropa bahwa Indonesia adalah negara besar dengan keragaman Agama dan budaya yang sangat beragam.

HMPI hadir untuk menyampaikan pesan kemanusiaan dan persatuan. Juga hadir membawa pesan bahwa Indonesia adalah negara paling toleran di dunia sehingga tidak mungkin melakukan perilaku yang menghilangkan kemanusaan melalui teror.

Teror yang terjadi di Eropa dan yang terbaru teror di inggris adalah perbuatan pribadi. Bukan sikap sebuah negara tertentu apalagi agama tertentu. Murni dilakukan oleh oknum yang dangkal pengetahuan keagamaan dan absen kemanusiaan. Untuk itu, oknum yang melalukan teror adalah menjadi musuh bersama semua negara dan agama di dunia karena tidak satupun agama membenarkan kekerasan.

ICOAS dilaksanakan oleh Universitas Madrid, Universitas Complutense Madrid dan bekerjasama dengan ASEAN, KBRI, PPI dan HMPI sebagai rangkaian Dies Natalis ke19 HMPI goes International dengan tema Re-reading Southeast Asia: multi-perspectives approaches.

Adapun yang menjadi perwakilan HMPI adalah Andi Fajar Asti selaku ketua umum Dewan Pengurus Pusat HMPI, Ardhariksa Zukhruf Kurniulah sebagai wakil Ketua dan Muhammad Abdul Azis sebagai wakil sekretaris.(fy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here