Beranda Politik HMPI: Pemilu Harus Berjalan Baik

HMPI: Pemilu Harus Berjalan Baik

0
BERBAGI

RadarKotaNews – Pemilu adalah bentuk perwujudan kedaulatan rakyat dalam suatu negara demokrasi, serta memiliki legitimasi yuridis dan norma dalam narasi kebangsaan dan kerakyatan. Dalam konteks kewarganegaraan, pemilu merupakan hak warga bangsa dalam kedaulatan rakyat.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI), Andi Fajar Asti kepada awak media di Jakarta, Selasa (16/4/19).

Namun demikian, Kompetensi politik yang dinilai oleh sebuah warga negara dari sebuah bangsa dalam negara Panca-sila tertuju pada terma kompetensi hikmat – kebijaksanaan. Ini memiliki arti bahwa memilih yang terbaik dari yang baik dan/atau yang terbaik dari yang terburuk sekalipun merupakan urgensi pemilu itu sendiri. Karena sebagai manusia politik, kepemimpinan apapun rentan terhadap kelemahan-kelemahan yang ada.

“Dalam Konteks Kekinian, kiranya perlu Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) menyatakan sikapnya menyongsong Pemilu.”tukasnya

Menurut Andi Fajar, Hal ini menjadi sebuah urgensi intelektual untuk dilakukan, karena terkait cita-cita warga negara terhadap penyelanggaraan pemilu yang jujur, bersih, kondusif dan adil dalam konteks ketatanegaraan dan juga dalam konteks ruang publik kewargaan itu sendiri.

Untuk di ketahui, Berikut poin-poin yang disampaikan HMPI dalam pernyataan sikapnya terkait pemilu:

Pertama, HMPI hari ini menolak gerakan people power dalam terma perang antar masyarakat dan narasi ruang publik. Pemilu harus berjalan lancar, normal dan tidak berlebihan secara kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Kedua, HMPI mengutarakan beberapa hal dalam ranah penolakan terhadap populisme-sektarian, yakni masyarakat menunggu hasil real count KPU dan mengawal serta mengontrol perangkat pemilu dalam ranah partisipatif sosial secara kritis.

Ketiga, HMPI berpendapat bahwa pemilu harus dihindarkan dari sikap olok-olok terhadap yang kalah dan yang kalah mesti menerima dengan lapang dada demi persatuan nasional.

Keempat, HMPI secara tegas menyatakan bahwa Pemilu tahun ini harus bersih dari politik uang.

Kelima, HMPI juga menyerukan pemilu dihindarkan dari tindakan menebar ketakutan.

Keenam, HMPI mengajak masyarakat bergembira dan antusias menuju TPS untuk menyalurkan hak politiknya.

Ketujuh, HMPI mengajak seluruh mahasiswa pascasarjana seluruh indonesia menjadi garda terdepan melawan HOAX.

Karena Mahasiswa Pascasarjana adalah kalangan kampus yang seharusnya menebar nalar optimisme setinggi-tingginya ditengah masyarakat majemuk.(fy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here