HMP FKM UI Bahas Relawan Kemanusiaan Saat Buka Puasa Bersama Anak Yatim

HMP UI

RadarKotaNews, Depok – Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) FKM UI gelar buka puasa bersama anak yatim, Acara ini diselenggarakan atas kerjasama dengan yayasan Yatim Mandiri cabang Depok. Dan menghadirkan 45 anak yatim dari 2 panti asuhan di sekitar Depok, dengan 6 orang ustadz/ustadzah nya. Depok, Sabtu (19/05)

Dalam acara tersebut sejumlah mahasiswa pascasarjana yang hadir bersama perwakilan dari pimpinan FKM UI, yang dihadiri oleh Dr. Drs. Tris Eryando, MA, yang juga sebagai kepala unit Pengembangan Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa (PK2M) FKM UI.

Ketua HMP FKM UI, dr. Zainal Abidin, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini sedang membangun kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Dompet Dhuafa (DD) untuk mengirimkan relawan kemanusiaan ke lokasi yang sedang terjadi masalah kesehatan. Hal ini sesuai dengan peran mahasiswa FKM yang lengkap secara SDM baik untuk upaya preventif, promotif, kuratif, maupun rehabilitatif.

“Mahasiswa FKM UI sangat bervariasi, ada dokter, bidan, perawat, sanitarian, dan para ahli kesmas. Lokasi yang sedang menjadi concern Dompet Dhuafa dan IDI adalah Asmat dan Myanmar. Di Asmat sedang terjadi masalah kesehatan, gizi buruk yang berimplikasi mudah terjangkitnya infeksi campak. Sedangkan di Myanmar, masalah kesehatan muncul akibat adanya konflik sosial yang berada di negara tersebut.”kata Zainal.

Menurut dia, Informasi ini disambut baik oleh pimpinan FKM UI dan sebagian mahasiswa ada yang bersedia mengisi liburan mereka untuk menjadi relawan kemanusiaan di lokasi-lokasi tersebut.

“Program Asmat berlangsung minimal 1 bulan, dengan melibatkan dokter, bidan, perawat, sanitarian, penyuluh kesehatan, dan lainnya. Sedangkan program relawan ke Myanmar berlangsung hanya 10-14 hari dengan SDM yang sama. Hal ini dapat menjadi lapangan praktikum bag mahasiswa yang ingin mengaplikasikan ilmunya. Sekaligus menjadi lahan untuk beramal baik kepada sesama manusia di muka bumi.”terang dr. Zainal.(fy)