Beranda Nasional Helikopter Tempur TNI Jatuh, Ini Kronologisnya

Helikopter Tempur TNI Jatuh, Ini Kronologisnya

0
BERBAGI

radarkotanews.com – Jatuhnya Helikopter milik TNI AD jenis Bell 412 EP dengan nomor HA 5171 di Poso Sulawesi Tengah (20/3/2016), yang menyebabkan 13 penumpang dalam heli tersebut tewas.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam jumpa pers di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Minggu (20/4/2016) malam, mengatakan Penyebab kecelakaan diduga adalah cuaca, karena memang kurang lebih 10 menit lagi mendarat di stadion di Poso cuaca hujan.

Berikut Kronologi jatuhnya heli tersebut:

Pada pukul 17.20 WITA, Helikopter berpenumpang 13 orang itu terbang dari Desa Napu menuju Poso. Turut di dalam heli itu Danrem 132/Todulaku Kolonel Inf Saiful Anwar. Mereka sedang melaksanakan tugas operasi perbantuan kepada Polri di Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Operasi dimaksud adalah Operasi Tinombala untuk memburu kelompok teroris pimpinan Santoso. Operasi dimulai sejak Januari 2016 dan seharusnya berakhir 9 Maret 2016. Namun Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memperpanjang operasi itu selama dua bulan.

Pukul 17.55 WITA, Sektiar 35 menit di udara, helikopter menghadapi cuaca buruk hujan dan jatuh di atas perkebunan milik warga di Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulteng. Heli terbakar langsung di antara pepohonan. (Ek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here